Mengenal Asal Air Dalam Minuman Kemasan Botol

by
June 18th, 2012 at 4:30 pm

Buzberry

Pernahkah terpikir oleh Anda dari mana asal air minum botolan yang selama ini Anda konsumsi? Mungkin Anda sudah mempunyai merk yang menjadi favorit untuk dikonsumsi. Tapi apakah Anda percaya bahwa semua air kemasan dalam botol itu berasal dari mata air di bawah kaki gunung?

Kenalilah terlebih dahulu asal air kemasan yang selama ini Anda konsumsi sehingga Anda tahu mana yang baik dikonsumsi tubuh. Jangan mudah terpengaruh oleh iklan promosi di televisi ataupun label kemasan pada botol air minum tersebut.

Inilah ketujuh jenis air kemasan yang biasanya dijual bagi masyarakat luas.

1. Distilled

Jenis air ini sudah mengalami proses distalasi yaitu proses yang dilakukan untuk mematikan hewan-hewan bersel satu seperti mikroba yang pasti ada di dalam air. Air ini dididihkan terlebih dahulu sampai mencapai suhu tertentu hingga mikroba dan bakteri di dalam air tersebut mati, dan kandungan mineralnya pun hilang.

2. Mineral Water (Air Mineral)

Air mineral merupakan air yang diambil dari dalam tanah dan mengandung 250 zat kandungan yang mengendap di dalamnya. Air mineral inilah yang banyak dipasarkan bagi masyarakat sehingga banyak orang menyebut air minum kemasan dengan sebutan air mineral.

3. Purified

Untuk air jenis ini, air yang diambil bisa berasal dari mana saja dan langsung dimurnikan untuk menghilangkan kandungan kimia dan bakteria di dalamnya. Standar yang diterapkan perusahaan air minum di Amerika Serikat untuk jenis air purified ini tidak boleh lebih dari 10 zat kandungan endapan di dalamnya.

4. Sparkling

Air minum jenis sparkling mengandung karbondioksida saat pertama kali diambil dari sumbernya. Namun, kandungan karbondioksida tersebut dapat hilang ketika terjadi proses penyulingan.

5. Spring

Jenis air ini dinamai “Spring” karena hanya boleh diambil dari sumbernya ketika musim gugur. Air ini diambil dari lapisan air yang mengalir ke permukaan Bumi. Air jenis spring yang ada di Indonesia adalah Evian.

6. Artesian

Air jenis Artesian diambil dari lapisan air yang ada pada lapisan bebatuan dan pasir pada struktur tanah. Contoh produk minuman yang menggunakan air jenis ini adalah Fiji Natural Artesian Water.

7. Public Water Source (PSW)

Ini merupakan pasokan air untuk sebuah kota atau bisa dikatakan seperti PAM di Indonesia. Pernah terjadi kasus perubahan label air oleh industri air minum kemasan botol, Aquafina di Amerika Serikat karena industri ini tidak menyebutkan dengan tegas bahwa mereka menggunakan pasokan air minum untuk kota atau air keran.

Itulah ketujuh jenis air yang diproduksi oleh perusahaan air minum yang memasarkan air minum botolan. Bagaimana dengan air minum kemasan yang Anda konsumsi selama ini?

Consumer Reports

Comment di sini