Danau yang Terbuat dari Lava Pijar (Foto)

by
June 18th, 2012 at 1:25 pm

Berita unik datang dari Afrika Tengah. Kalau biasanya kita tahu bahwa danau itu terbuat dari air yang memenuhi suatu lekukan pada daratan, tapi kali ini ada danau yang terbuat dari lava pijar.

Di Afrika terdapat sebuah gunung berapi yang terkenal paling aktif, yaitu Gunung berapi Nyiragongo. Gunung ini terletak di Virunga National Park, Kongo, Afrika Tengah. Kawah pada gunung berapi ini memiliki lebar sebesar 2 km, dan kawah tersebut dipenuhi dengan cairan lava pijar sehingga tampak seperti danau lava di atas gunung berapi Nyiragongo ini.

Amusing Planet

Gunung berapi ini sudah mengalami letusan sebanyak 34 kali terhitung sejak tahun 1882. Letusan yang terbesar dan sangat dahsyat terjadi pada 17 Januari 2002. Dari letusan pada tahun 2002 itu, lava yang mengalir mencapai kedalaman 2 m dengan lebar 200-1000 m. Kecepatan lava dari gunung ini tercatat mampu mengalir hingga mencapai 100 km/jam. Sangat sulit bagi penduduk untuk menyelamatkan diri ketika terjadi letusan.

Kedahsyatan gunung berapi di Kongo ini menimbulkan rasa ingin tahu para peneliti yang akhirnya memutuskan untuk melihat langsung kondisi gunung berapi tersebut pada tahun 2010 lalu.

Mereka berhasil mengabadikan aktivitas lava yang ada di danau lava itu. Di bawah ini merupakan foto-foto yang berhasil diambil oleh salah seorang fotografer, yaitu Olivier Grunewald.

Amusing Planet

Ini adalah foto yang di ambil dari atas danau lava tersebut. Terbayangkah seberapa dalam lava pijar yang mengisi danau tersebut?

Amusing Planet

Inilah para ilmuwan yang datang melihat danau lava yang ada di puncak gunung berapi Nyiragongo.

Amusing Planet

Amusing Planet

Amusing Planet

Betapa dahsyatnya lava pijar yang ada di gunung berapi Nyiragongo itu. Bayangkan jika gunung itu bersiap untuk meletus kembali, bagaimana nasib para penduduk di sekitarnya?

Amusing Planet

Comment di sini