CiriCara: Ciri-ciri Terkena Kolesterol

by
June 19th, 2012 at 2:35 pm

Healthi Nation

Kolestrolselalu marak dibicarakan karena penyakit ini sering ditemukan pada sebagian besar orang, terutama mereka yang hidup di kota besar. Kolestrol sebenarnya sudah diproduksi dalam setiap tubuh manusia itu sendiri. Bahkan, hewan pun juga menghasilkan kolestrol.

Tubuh manusia memproduksi 80% kolestrol pada bagian hati dan sisanya diperoleh dari makanan yang dikonsumsi khususnya makanan jenis daging-dagingan. Dalam daging hewan seperti sapi, ayam, babi, dll. memiliki kandungan kolestrolnya masing-masing karena sebenarnya hewan-hewan tersebut juga menghasilkan kolestrol pada tubuhnya.

Sebenarnya, kolestrol diproduksi tubuh karena memang zat ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk hormon-hormon tertentu serta membantu dalam metabolisme otak. Tapi kolestrol yang diperoleh dari asupan makanan merupakan kolestrol jahat yang justru merusak tubuh.

Bayangkan jika tubuh kita sudah memproduksi kolestrol sebanyak 80% dan kita masih banyak mengonsumsi daging-dagingan daripada sayur atau buah, tentu saja kadar kolestrol dalam darah kita akan meningkat.

Ukuran standar orang yang memiliki kadar kolestrol normal jika hanya terdapat 160-200 mg kolestrol dalam darah. Jika lebih dari itu pasti Anda akan merasakan tanda-tanda seperti di bawah ini:

1. Anda sering merasa gampang sekali lelah, walau tidak bekerja atau melakukan hal yang berat.

2. Walau tidur Anda dalam waktu yang semestinya dan memenuhi kebutuhan tidur 8 jam, Anda tetap merasa kantuk yang berlebih, hampir setiap saat diserang oleh rasa kantuk.

3. Merasakan nyeri pada bagian batang leher, bahu, dan sekitar punggung. Rasa nyeri tersebut terasa seperti kesemutan dan pegal-pegal.

4. Timbul rasa capek dan pegal yang menyerang tengkuk kepala, pundak bagian belakang, seperti otot pada bagian-bagian tersebut terasa kram.

5. Kaki mengalami pembengkakan

Jika Anda sering merasakan gejala seperti itu, periksakanlah diri Anda ke dokter untuk mengetahui kadar kolestrol dalam darah. Jika memang kolesterol Anda tinggi, maka asupan makanan khususnya daging harus dikurangi atau menggantinya dengan sayur dan buah-buahan.

Jika hal itu tidak berhasil menurunkan tingkat kolestrol dalam tubuh, maka Anda harus mengonsumsi penurun kadar kolestrol.

Ada baiknya kita mencegah daripada mengobati. Jadi, berolahragalah yang teratur. Sebab olahraga mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kolestrol yang sudah mengendap dalam darah dapat dihancurkan melalui metabolisme tubuh yang tinggi.

Comment di sini