Bahaya Tidur dengan Kipas Angin

by
June 19th, 2012 at 10:50 am

Indonesia memang memiliki iklim yang cukup panas. Meskipun di malam hari, kita akan tetap merasa gerah sehingga banyak yang menggunakan kipas angin untuk mengurangi hawa panas. Pilihan menggunakan kipas angin saat tidur adalah pilihan yang umum.

Kipas angin seolah-olah membuat kita tertidur dengan rasa nyaman karena hembusan anginnya. Tidak hanya anak-anak yang cenderung tidak betah dengan suhu panas, melainkan juga orang dewasa yang cenderung selalu berkeringat saat berada di udara gerah nan panas.

Tetapi ternyata kebiasaan tidur dengan kipas angin memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Jika kipas angin langsung mengarah tepat ke wajah, Anda bisa kesulitan bernapas. Hal ini disebabkan kurangnya kandungan oksigen dalam sel darah karena sedikitnya jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, organ-organ dalam tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal.

Parahnya lagi, jika Anda tidur dengan menggunakan kipas angin tanpa adanya ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup. Hembusan kipas angin di dalam ruangan yang tertutup seperti itu mampu menyebabkan seseorang mati lemas karena minimnya oksigen yang dapat dihirup oleh tubuh kita, ditambah dengan udara yang tidak segar terperangkap di dalam ruangan tersebut karena tidak adanya perputaran udara yang cukup.

Sebagai informasi untuk Anda, hembusan yang dihasilkan oleh kipas angin mampu membuat suhu tubuh kita menurun drastis karena sebenarnya saat orang sedang tertidur, suhu tubuhnya akan menurun dengan sendirinya, begitu juga dengan tekanan darah dan sistem pernapasannya.

Hal ini akan fatal akibatnya bagi jantung dan paru-paru. Kedua organ ini sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, bukan? Menurunnya suhu tubuh, tekanan darah dan sistem pernapasan akan membuat kinerja kedua organ ini menjadi terganggu.

Hentikan kebiasaan buruk ini agar kesehatan tetap terjaga dan kualitas hidup tidak menurun. Memang sulit tertidur dengan cuaca yang panas dan gerah namun kamu bisa melakukannya secara perlahan.

Anda boleh menggunakan kipas angin saat tidur, hanya saja cobalah untuk menghadapkan kipas angin ke arah yang lain sehingga tidak langsung mengarah ke tubuh. Jarak kipas angin dengan tempat tidur Anda jangan terlalu dekat.

Pastikan bahwa kamar Anda memiliki ventilasi yang cukup sebab ventilasi yang baik akan membuat kamar jadi lebih dingin dan sirkulasi udaranya menjadi lebih bagus bagi kesehatan.

Comment di sini