Begadang Nonton Bola Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

by
June 19th, 2012 at 10:30 am

Para penggemar bola di Tanah Air sedang bersemangat menjagokan tim idola mereka di Piala Eropa 2012. Tak jarang mereka rela bangun tengah malam agar dapat menonton tim kesayangan berlaga lewat layar kaca.

Namun para penggemar bola ini tak sadar ternyata penyakit dan gangguan kesehatan selalu mengancam saat perhelatan sepak bola digelar, terutama ketika ditonton pada malam/dini hari.

Gastroenterolog RSCM Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa begadang terus menerus akan menimbulkan berbagai keluhan kesehatan dan kelelahan. Hal ini akan memicu gangguan sistem pencernaan, sistem jantung, pembuluh otak, pembuluh darah serta penurunan daya tahan tubuh.

Saat pertandingan Piala Eropa atau laga bola lainnya digelar biasanya disiarkan secara langsung pada malam hari atau dini hari sedangkan pada pagi atau sorenya mereka harus bekerja. Tentu saja ini akan mengakibatkan tubuh kurang beristirahat. Saat menonton pertandingan yang seru pun biasanya para penonton ini tidak akan duduk tenang. Mereka akan berlompatan bahkan berteriak. Apabila kondisi ini dilakukan terus menerus, tubuh pasti akan kelelahan.

Kelelahan yang dialami akan memicu gangguan kesehatan secara umum seperti kambuhnya penyakit kronis. Kelelahan yang disertai stres yang tinggi juga akan mengganggu proses metabolisme dan hormonal dalam tubuh.

Apabila tim kesayangannya kalah, seseorang bisa menjadi stres dan kecewa yang tentu saja akan mempengaruhi kualitas tidur. Efek buruk kurang tidur akan menjadi lebih parah bila dibarengi dengan konsumsi rokok terus menerus, suplemen energi, dan kopi agar mata tetap terbuka.

Kelelahan akan memicu gangguan pencernaan seperti berkurangnya nafsu makan, nyeri di ulu hati dan juga mual serta muntah. Penyakit kronis pun bisa kambuh jika kelelahan seperti maag, diabetes, asma bronkiale, hipertensi, stroke, serangan jantung dan bahkan gangguan jiwa.

Daya tahan tubuh juga akan berkurang sehingga penyakit pun mudah menyerang orang yang mengalami kelelahan psikis dan badan. Virus pun akan mudah menyerang seperti influenza, diare, hepatitis dan juga demam berdarah serta Demam Thypoid.

Orang yang kelelahan biasanya menjadi gampang hilang konsentrasi dan emosi tinggi. Hal ini juga berdampak pada tingginya tingkat kecelakaan orang-orang yang kelelahan. Apabila sudah merasakan sakit kepala, nyeri dada, mual dan muntah, ini berarti saatnya untuk beristirahat dan mengatur waktu.

Comment di sini