CiriCara: 6 Cara Dapat Untung Saat Belanja Diskon

by
June 19th, 2012 at 4:10 pm

Diskon besar memberikan banyak penawaran namun sebagai konsumen yang pintar, jangan sampai iming-iming diskon malah bikin rugi. Ini dia kiat berbelanja diskon agar belanja makin untung.

Pernah mendengar kata, jangan tergoda diskon? Belanja heboh pada saat diskon kadang malah menjerumuskan karena pada akhirnya malah membeli banyak barang yang tidak terpakai. Namun, melakukan belanja dengan cermat akan membantu pos belanja jadi lebih hemat.

1. Survei

Hal pertama yang harus dilakukan adalah survei. Lihat isi lemari baik-baik bisa jadi ada barang yang telah kamu beli namun belum pernah dipakai bahkan lupa pernah membeli barang itu. Jangan sampai kamu membuang uang untuk pakaian bahkan barang yang tidak akan kamu pakai. Jika memungkinkan, buatlah daftar barang yang akan kamu beli. Setelah itu lakukan riset dari internet untuk melihat mana gerai yang memberikan diskon tengah malam atau promo harian. Bila perlu ikuti juga media sosial mereka agar mendapat kabar terbaru setiap hari.

2. Waktu

Saat toko-toko menggelar diskon heboh, biasanya akan ramai dengan pengunjung. Waktu yang paling ramai adalah saat makan siang dan akhir pekan. Sebaiknya datang lebih awal agar bisa memilih dan belanja lebih nyaman. Toko-toko pada umumnya memilik strategi waktu. Mereka biasanya akan menambah diskon setelah lebih dari 4 minggu. Jika memang tidak terlalu urgent, sebaiknya tunggu hingga masa ini datang.

3. Kenyamanan

Kenyamanan di sini maksudnya adalah pakaian dan alas kaki yang kamu gunakan. Antrean yang sangat panjang biasanya muncul saat akan mencoba baju. Untuk menyiasati hal ini sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman. Contohnya, memakai sepatu yang mudah dilepas jika akan mencoba banyak alas kaki dan memakai rok jika akan mencoba berbagai celana. Pakaian yang cocok untuk momen ini adalah tanktop, cardigans, dan celana legging.

Saat berbelanja dengan keluarga sebaiknya minta suami untuk menjauhkan anak Anda dari keramaian seperti di luar toko. Agar belanja menjadi tidak terlalu banyak ajak teman yang sangat mengenal kamu sehingga mereka bisa memberi masukan dan pendapat serta mengingatkan bila kamu sudah terlalu banyak membeli barang.

4. Memilih barang

Pastikan barang yang akan dibeli dicermati dan dicoba. Urungkan niat apabila barang yang akan dibeli terlalu besar atau kekecilan. Jangan berpikir suatu hari akan muat atau ke tukang jahit untuk dipermak. Cek resleting, kancing, cacat serta noda pada baju. Beberapa benda masuk ke area diskon karena musimnya telah lewat sedangkan yang lain didiskon karena ada cacat pada barang tersebut.

5. Barang yang boleh dibeli

Ada tiga faktor yang menentukan benda mana yang bisa kamu beli. Faktor yang pertama adalah bisa dipakai reguler seperti pakaian dalam, pakaian kerja dasar, celana hitam, serta kemeja yang sering dipakai. Kemudian yang kedua adalah bisa dibayangkan akan dipakai berapa kali, lebih baik lagi bila benda itu bisa bertahan lebih lama. Apabila hanya akan digunakan pada satu acara dan mungkin tidak akan terpakai lagi sebaiknya urungkan niat membeli. Faktor yang terakhir adalah merk. Ambil benda-benda yang memiliki merk dengan harga yang murah karena diskon. Barang-barang yang tidak terjangkau saat tidak diskon bisa menjadi prioritas saat belanja diskon.

6. Berhitung

Anggarkan belanja diskon ini dari uang kamu setelah mendaftar barang-barang yang akan dibeli. Jika masih melebihi anggaran coba perhatikan daftar belanja lagi dan hapus barang-barang yang tidak terlalu penting apabila masih kurang juga, kamu harus mengorbankan anggaran makan-makan dan pergi ke kafe. Pertimbangkan pula biaya perawatan barang yang akan kamu beli. Apabila membutuhkan biaya untuk laundry dan perbaikan yang lumayan mahal, sebaiknya urungkan saja.

Lihat juga apakah toko yang kamu kunjungi memiliki diskon khusus yang diberikan untuk member, kartu kredit tertentu, diskon spesial, atau kartu pelajar. Apabila kamu cermat, dijamin harga yang kamu dapat memang murah.

Keenam cara di atas pastinya akan membuat kamu jadi makin untung saat belanja diskon. Prinsip berbelanja diskon adalah mencari harga yang murah untuk barang yang berkualitas asal jangan sampai lupa diri ya.

Comment di sini