CiriCara: 8 Ciri Make Up Berbahaya Bagi Kesehatan

by
June 19th, 2012 at 12:30 pm

Banyak yang tidak begitu peduli dengan kosmetik yang dipakai sehari-hari. Ternyata memakai make up yang tidak cocok dapat menyebabkan penyakit yang serius dan mempengaruhi kesehatan serta kecantikan.

Bingung cara mengetahui kosmetik yang tidak cocok dengan kamu? Berikut ini adalah delapan tanda kosmetik yang kamu gunakan tidak cocok untuk kulit kamu dan berbahaya bagi kesehatan.

1. Rambut rontok

Rambut rontok adalah pertanda kamu memakai make up yang salah, apalagi jika rambut rontok juga disertai dengan iritasi dan mata gatal. Cek kembali label dan kandungan dalam kosmetik karena bisa saja mengandung bahan logam dan pewarna yang berbahaya.

2. Kulit menjadi kusam

Kulit malah menjadi kusam saat kamu selesai mengaplikasikan make up, ini bisa berarti riasan yang kamu terapkan pada kulit tidak cocok. Bedak atau foundation bisa menyebabkan kulit terlihat lebih gelap seperti sedang sakit, oleh karena itu letakkan bedak dan make up lain yang berbentuk bubuk di ruangan yang bersuhu dingin. Jangan meletakkan make up seperti ini di tempay yang panas dan lembab.

3. Depresi atau rasa cemas berlebihan

Depresi atau rasa cemas yang berlebihan bisa muncul karena kesalahan menggunakan kosmetik. Logam yang terkandung dalam produk kecantikan dapat menyebabkan perasaan seperti ini. Walaupun beberapa perusahaan menyangkal bahwa logam dalam produk mereka berjumlah sangat kecil, namun tetap saja tidak aman untuk penggunaan jangka panjang.

4. Mata gatal

Apabila mata terasa gatal karena riasan tertentu, ini berarti kamu tidak cocok menggunakan kosmetik itu. Biasanya mata iritasi atau gatal disebabkan oleh kosmetik yang telah kadaluwarsa. Hindari produk tester dan perhatikan tanggal batas waktu pemakaian.

5. Kerusakan memori

Hal ini bisa disebabkan oleh kandungan logam atau merkuri yang ditemukan dalam produk kecantikan. Logam dalam kosmetik bisa mengakibatkan gangguan seumur hidup bahkan cacat fisik.

6. Sakit kepala dan vertigo

Tidak cocok terhadap suatu riasan bisa mengakibatkan sakit kepala dan vertigo. Merkuri dan logam lain yang terkandung dalam kosmetik adalah penyebab utamanya. Sekali lagi, sebagai konsumen kamu harus jeli membaca isi kandungan kosmetik.

7. Emosi tidak stabil

Penyebab utama emosi tidak stabil adalah tentu saja merkuri. Merkuri bisa memberikan efek yang bermacam-macam dan cukup berbahaya. Menjadi konsumen cerdas dengan membaca label adalah salah satu cara agar terhindar dari efek logam berbahaya ini.

8. Iritasi kulit

Ini adalah gejala yang paling umum dialami oleh mereka yang tidak cocok dengan kosmetik tertentu. Parfum adalah salah satu produk yang paling sering membuat kulit menjadi iritasi apalagi untuk kulit yang sensitif. Hindari penggunaan parfum ketika kulit iritasi agar tidak menjadi lebih parah.

Itu dia delapan tanda kamu harus berhenti memakai atau mengganti kosmetik kamu. Jangan sampai terlambat dan akhirnya malah mengorbankan kesehatan badan.