CiriCara: Cara Berhenti Merokok

by
June 19th, 2012 at 1:13 pm

Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah bagi pecandu berat rokok. Namun, bila benar-benar berniat untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, Anda bisa mencoba 3 cara yang dianggap lebih efektif dari sekadar menggunakan obat-obatan medis.

Penelitian terbaru untuk jurnal Nicotine and Tobacco Research menyatakan bahwa ternyata upaya untuk berhenti dari kecanduan nikotin bisa dilakukan dengan cara yang sebelumnya tidak pernah terpikir.

Ini dia 3 cara berhenti merokok seperti dilansir dari Shine:

1. Akupunktur

Cara ini bisa digunakan untuk orang-orang yang tidak takut jarum. Akupuntur merupakan jenis pengobatan asal China yang menggunakan jarum, juga dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kecanduan rokok.

Akupuntur merupakan proses memasukkan jarum yang sangat tipis pada kulit untuk menembus titik peredaran darah tertentu pada tubuh. Jarum-jarum yang digunakan pada terapi ini akan diletakkan pada meridian melalui mana gi (energi vital).

Terapi ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah nyeri dan kondisi lainnya. Walau akupuntur belum dapat dibuktikan 100% ampuh untuk mengatasi masalah kecanduan rokok, namun, penelitian di Kanada baru-baru ini menemukan bahwa perokok memiliki peluang 3,5 kali lebih besar untuk berhenti merokok dibandingkan mereka yang tidak.

2. Hipnosis

Banyak orang yang mengklaim bahwa hipnosis mampu membantu pecandu rokok berhenti dari kebiasaan ini. Peneliti Kanada menemukan bahwa perokok memang memiliki kemungkinan 4,6 kali lebih besar untuk bebas dari kecanduan nikotin daripada mereka yang tidak menjalani terapi hipnosis.

Cara kerja hipnosis adalah dengan mempengaruhi perokok serta membuat sugesti dalam pikiran mereka bahwa “Saya tidak menyukai rokok”. Tujuannya adalah agar pernyataan tersebut tertanam di dalam benak mereka yang nantinya akan mempengaruhi perlaku mereka terhadap minat merokok. Jika ingin mencoba terapi ini, pastikan terapis hipnosis yang Anda kunjungi memiliki sertifikat yang sah. Disarankan terapi hipnosis ini harus dilakukan secara rutin agar pecandu rokok dapat benar-benar terbebas dari kebiasaan buruknya itu.

3. Banyak makan buah dan sayur

Sebuah penelitian memakai 1.000 orang perokok sebagai sampel acak untuk meneliti hubungan antara kurangnya kebiasaan merokok dan jumlah buah dan sayur yang dikonsumsi. Para sampel tersebut diminta untuk lebih sering mengonsumsi buah dan sayur selama 14 bulan, dan mengurangi rokok.

Setelah jangka waktu tersebut, mereka dihubungi kembali untuk ditanya tentang hasil dari upaya mereka berhenti merokok dengan buah dan sayur. Ternyata, hasil studi ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah dan sayur memiliki peluang tiga kali lebih besar untuk bebas dari nikotin daripada mereka yang tidak mengonsumsi buah dan sayur.

Para peneliti juga menambahkan bahwa dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, maka kecenderungan untuk merokok akan berkurang setiap harinya. Ini disebabkan karena banyaknya serat yang terkandung dalam buah dan sayur sehingga orang akan merasa kenyang lebih lama. Menurut Jeffrey P. Hailbach, MPH, dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research, pecandu rokok berat seringkali tidak dapat membedakan keinginan untuk merokok atau rasa lapar.

Bagaimana, bagi Anda yang masih mengalami kesulitan untuk menghilangkan kebiasaan merokok, mungkin ketiga cara ini dapat dicoba untuk merasakan sendiri khasiatnya. Anda tertarik?

Comment di sini