CiriCara: Cara Menghitung Masa Subur

by
June 19th, 2012 at 5:15 pm

Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita yang terdapat sel telur yang telah matang dan siap untuk dibuahi. Apabila melakukan hubungan seksual di masa ini, kemungkinan terjadi kehamilan sangat besar.

Menghitung masa subur tidak terlalu sulit namun harus sabar dan teliti agar diperoleh hasil yang maksimal. Cara ini biasanya dipakai perempuan yang telah memiliki suami agar lebih cepat dikaruniai anak namun cara ini juga bisa dipakai sebagai pencegah kehamilan dengan menghindari berhubungan di kala masa subur.

Siklus menstruasi bisa diketahui dengan mudah apabila haid atau menstruasi yang didapat setiap bulannya normal dan lancar. Siklus haid yang normal adalah 28 hari, masa subur terjadi 3 hari sebelum hari pertengahan atau hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-14. Jadi ada dua hari masa subur yaitu pada hari ke-11 dan hari ke-17.

Cara lain untuk menghitung masa subur adalah dengan sistem kalender yaitu dengan menambahkan hari terakhir masa menstruasi dengan angka 13. Sebagai contoh: apabila hari terakhir menstruasi adalah tanggal 1 maka masa suburnya adalah tanggal 14. Untuk menghitung masa pra suburnya, masa subur dikurangi tiga dan masa subur ditambah tiga. Apabila masa subur jatuh pada tanggal 14 maka masa pra subur jatuh pada tanggal 11 dan 17.

Untuk wanita yang memiliki siklus haid yang teratur selama 28 hari maka hari pertama siklus haid dihitung hari pertama sedangkan masa subur jatuh pada hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus haid.

Bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, sebelumnya Anda harus mencatat siklus haid Anda dalam waktu 6 bulan. Siklus haid dihitung pada hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Apabila telah ditemukan masa siklus paling pendek dalam siklus 6 bulan Anda, siklus itulah yang menjadi hitungan untuk menentukan masa subur. Hari terpendek siklus dikurangi dengan 18 contohnya apabila siklus terpendek anda adalah 35 hari maka pada hari ke-17 itu adalah hari pertama masa subur Anda.

Sedangkan jumlah hari terpanjang siklus menstruasi akan menentukan hari terakhir masa subur dengan cara dikurangi 11 hasilnya adalah hari terakhir masa subur. Apabila siklus haid terpanjang Anda adalah 45 hari maka hari terakhir masa subur Anda adalah hari ke 34. Ini berarti masa subur Anda terjadi pada hari ke-17 siklus menstruasi hingga hari ke-34.

Memang agak rumit menghitung masa subur namun ini bisa menjadi salah satu cara agar lekas mendapatkan anak. Jika tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi, perhitungan ini bisa menjadi cara untuk mencegah kehamilan.

Comment di sini