CiriCara: Cara Meraih Kebahagiaan Dalam Hidup

by
June 19th, 2012 at 8:19 am

Kebahagiaan sebenarnya sangat mudah diraih. Kebahagiaan bisa dikatakan sebagai sebuah pilihan. Setiap individu bertanggung jawab atas kebahagiaannya masing-masing. Adalah salah jika ada orang yang berkata bahwa kebahagiaan bergantung pada lingkungan sekitar dan orang lain.

Lingkungan sekitar tempat kita berada dan bersosialisasi serta orang-orang yang kita jumpai tiap harinya hanyalah mengambil peranan sekian persen dalam kebahagiaan kita. Seutuhnya, kebahagiaan itu adalah kita sendiri yang mengendalikan.

Inilah kesepuluh cara untuk menjadi pribadi yang selalu berbahagia walaupun keadaan tidak membahagiakan.

1. Jangan tenggelam di masa lalu

Masa lalu adalah kenangan. Jadi anggaplah itu hanya sebatas kenangan. Jika kenangan itu menyakitkan sebaiknya dilupakan. Jangan terlarut dalam kesedihan masa lalu, karena itu tidak akan mengubah apa yang sudah terjadi, malah akan mempengaruhi masa depan kita. Jangan pula jadikan masa lalu sebagai patokan kebahagiaan Anda di masa kini atau yang akan datang. Karena kesedihan sehari cukuplah untuk sehari. Tapi jika Anda memilih untuk tenggelam dalam kesedihan masa lalu, maka Anda memilih untuk hidup tidak bahagia di masa kini dan nanti. Pilihan kebahagiaan ada di tangan Anda.

2. Jangan terlalu cemas dan khawatir

Pikiran merupakan pusat kebahagiaan kita. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengendalikan pikiran sendiri supaya jangan terpengaruh oleh berita-berita di luar yang menyebabkan kekhawatiran menguasai pola pikir Anda. Apakah dengan mengkhawatirkan suatu masalah kita dapat menyelesaikan suatu masalah? Jika tidak, untuk apa kita terus tinggal di dalam kecemasan dan kekhawatiran?

3. Jangan menyimpan amarah

Melupakan masa lalu berarti segala amarah dan dendam di masa lalu pun juga harus dilepaskan. Menyimpan amarah yang berkepanjangan hanya berujung pada sakit. Tentunya, semua sudah tahu bahwa kesehatan psikis manusia sangat mempengaruhi kesehatan fisiknya. Jadi kalau Anda memilih untuk terus hidup dalam amarah dan dendam, maka kebahagiaan itu tidak akan pernah Anda rasakan.

4. Jauhi pikiran yang menyebabkan stres

Kegagalan yang berujung pada stres dan putus asa juga akan berdampak dalam cara hidup Anda untuk dapat menikmati kebahagiaan. Sebaiknya, jauhilah pikiran stres yang menyita separuh dari energi otak Anda. Ketika Anda berpikir dalam keadaan stres, tidak akan membuahkan hasil apa-apa karena otak Anda tidak mampu berpikir secara normal.

5. Selesaikan masalah secara perlahan

Untuk menghindari stres yang berlebih, Anda harus menyelesaikan setiap permasalahan yang Anda hadapi secara perlahan-lahan. Usahakan untuk menyelesaikan masalah yang paling tinggi prioritasnya atau masalah yang paling penting. Kalau perlu buatlah daftar masalah yang harus Anda selesaikan berdasarkan tingkat prioritasnya.

6. Lupakan masalah saat menjelang tidur

Kita diberi waktu 24 jam dalam sehari, dan di dalamnya ada waktu tidur selama 8 jam. Jadi, jangan kurangi waktu tidur Anda hanya untuk memikirkan masalah Anda terus yang tidak pernah selesai. Yang seharusnya Anda pikirkan adalah solusi untuk masalah itu, bukan masalahnya yang Anda pikirkan. Jika Anda hanya terfokus pada masalah yang dihadapi, waktu 24 jam pun tidak akan cukup untuk menyelesaikan masalah itu, karena Anda tidak pernah memikirkan solusi atau jalan keluarnya.

7. Selalu mensyukuri kehidupan

Kunci untuk meraih kebahagiaan hanya dengan bersyukur senantiasa. Jika hati Anda tahu bersyukur, pasti akan lebih ringan untuk menjalani hidup ini sehingga setiap hari Anda dapat hidup dalam kebahagiaan.

8. Jangan urusi masalah orang lain

Berempati pada orang lain memang tidak salah. Tapi jika Anda sudah terlalu repot untuk mengurusi kehidupan dan masalah orang lain, itu adalah masalah. Sebab Anda tidak akan bahagia bahkan orang lain pun tidak bahagia. Ingat bahwa ada orang-orang yang tidak senang jika masalahnya terlalu dicampuri. Jangan berusaha untuk menjadi pahlawan bagi orang lain sedangkan Anda sendiri saja masih suka putus asa dengan masalah pribadi.

9. Cukup menjadi pendengar

Menjadi pendengar bagi sahabat-sahabat Anda yang sedang dirundung masalah mungkin akan jauh lebih baik daripada heboh mengurusi masalah mereka terlalu dalam. Ada banyak orang sudah merasa senang jika mereka didengarkan ketika mengungkapkan curahan hatinya. Jadi, cukup menjadi pendengar yang baik, Anda sudah dapat menjadi pahlawan buat sahabat Anda.

10. Serahkan pada Tuhan

Langkah terakhir agar Anda selalu hidup dalam kebahagiaan adalah pasrah kepada Tuhan untuk apa yang akan terjadi dan yang sudah terjadi. Siapakah manusia, sampai dapat mengatur hidupnya sendiri? Hanya Tuhan yang berhak atas hidup semua makhluk. Jadi pasrah saja padaNya, maka kebahagiaan itu akan datang.

10 cara yang sudah dijabarkan di atas ini semoga bermanfaat bagi Anda untuk memperbaiki kehidupan yang sekarang di jalani sehingga menjadi kehidupan yang penuh kebahagiaan.

Comment di sini