CiriCara: Ciri-ciri Terkena Gagal Jantung

by
June 19th, 2012 at 2:20 pm

Banyak yang tidak menyadari gejala gagal jantung. Padahal apabila gagal jantung dapat dikenali di awal, dapat dipastikan kesembuhan dari penyakit ini. Gejala gagal jantung memang bervariasi dari yang paling ringan sampai yang paling parah.

Gejala gagal jantung berhubungan dengan perubahan yang terjadi pada jantung serta tubuh. Tingkat seberapa parah gejalanya tergantung pada seberapa lemahnya jantung kamu. Ini dia gejala gagal jantung yang perlu kamu waspadai:

1. Sesak napas

Jantung lemah membuat cairan kembali ke paru-paru sehingga menyebabkan sesak napas pada saat berolahraga, beraktivitas seperti biasa bahkan pada saat berbaring. Pengumpulan cairan dalam paru-paru juga menyebabkan batuk serta asma.

2. Pengumpulan cairan di beberapa bagian tubuh

Jantung lemah tidak mampu memompa darah menyeluruh hingga ke ginjal yang menyebabkan adanya retensi cairan dan air dalam tubuh. Akibatnya pergelangan kaki, kedua kaki, serta perut menjadi besar atau bengkak. Kamu juga menjadi lebih sering ke kamar kecil untuk menyingkirkan kelebihan cairan ini dan jangan heran bila merasa mual atau nafsu makan berkurang namun berat badan kamu bertambah.

3. Pusing, lemah, dan lelah

Karena jantung hanya mampu memompa sedikit darah maka kamu akan menjadi lebih cepat lelah dan lemah. Kekurangan suplai darah di otak menyebabkan pusing dan kebingungan. Jangan sampai salah mengira ini adalah gejala anemia atau kekurangan sel darah merah.

4. Detak jantung yang tidak teratur dan cepat

Jantung jadi berdetak lebih cepat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan memicu detak jantung yang tidak teratur dan cepat.

Gejala-gejala ini bisa saja hanya satu yang muncul atau kamu bahkan tidak merasakan gejala seperti di atas. Selain itu, bisa saja gejala yang kamu alami bukanlah gejala gagal jantung.

Seseorang dengan gejala yang sama dengan semua hal di atas, bukan berarti jantung mereka sudah parah. Bisa saja orang yang hanya merasakan gejala ringan dan mengira jantungnya hanya sedikit melemah ternyata sudah parah. Sebaiknya bila merasakan gejala seperti di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosa dan penanganan yang tepat.

Comment di sini