CiriCara: Ciri-ciri Terkena Penyakit Stroke

by

Dewasa ini banyak orang mengidap penyakit stroke. Tidak tua atau muda, semuanya bisa saja terserang penyakit stroke. Apabila penyakit ini sudah menyerang maka fatal akibatnya.

Jarang sekali ditemukan pengidap penyakit ini dapat sembuh total seperti sedia kala dengan tubuh yang berfungsi kembali normal. Sebaliknya, penyakit storke biasanya meninggalkan cacat pada tubuh, seperti mulut yang sudah miring, tangan dan kaki yang kemungkinan sudah tidak dapat digerakkan lagi.

Penyakit stroke adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pada manusia khususnya bagian otak. Hal ini biasanya dipicu oleh aliran darah ke otak tidak lancar sehingga bagian otak itu pun kekurangan oksigen yang ternyata dapat langsung berpengaruh pada matinya sel-sel saraf pada otak. Akibatnya, saraf-saraf pada bagian tubuh yang lain khususnya alat gerak pada manusia menjadi terganggu.

Jika Anda tiba-tiba mengalami hal-hal seperti di bawah ini, segeralah meminta bantuan untuk di bawa ke rumah sakit terdekat.

1. Tiba-tiba setengah bagian tubuh atau seluruh bagian tubuh mengalami mati rasa, kesemutan, dan tidak bisa menggerakkan tangan, kaki, serta wajah.

2. Tiba-tiba Anda kesulitan untuk bicara, karena mulut tidak dapat digerakkan dan mulai terasa seperti miring.

3. Sakit kepala yang hebat, tidak seperti sakit kepala biasanya. Berhati-hatilah karena sakit kepala ini menunjukkan bahwa ada yang salah dalam aliran darah yang membawa oksigen ke kepala Anda.

4. Tiba-tiba kehilangan keseimbangan sehingga Anda tidak bisa berjalan dengan lurus.

5. Pandangan mata menjadi kabur. Anda tidak dapat melihat dengan jelas padahal sebelumnya pandangan mata Anda masih normal.

6. Masalah dalam memahami pembicaraan orang lain dan diikuti oleh perkataan yang mulai ngelantur ke mana-mana.

Itu hanyalah beberapa contoh gejala yang seringkali timbul mengawali serangan stroke yang biasanya datang mendadak. Akan tetapi, gejala bisa saja berbeda-beda.

Penyakit ini biasanya dipicu oleh orang yang memiliki riwayat darah tinggi. Penyakit darah tinggi memiliki tekanan dan aliran darah dalam setiap pembuluh darahnya begitu cepat sehingga tekanannya menjadi tinggi. Hal ini tidak baik bagi jantung dan otak.

Jika jantung menerima aliran darah yang begitu cepat maka kerja jantung menjadi lebih cepat dari biasanya. Begitu pula yang terjadi pada otak, pembuluh darah di otak tidak dapat menerima aliran darah yang sangat cepat. Jika tekanan darahnya terlalu tinggi maka tidak tertutup kemungkinan pembuluh darahnya dapat pecah.

Setelah mengetahui tentang penyakit stroke, gejala-gejala awal yang menyerang serta pemicunya, maka berhati-hatilah pada makanan yang Anda konsumsi.

Web MD


comments powered by Disqus

Leave a Reply