Dahlan Iskan Pecat Dirut BUMN yang Tak Laporkan Harta

by
June 19th, 2012 at 6:49 pm

Merdeka

Dahlan Iskan selaku menteri negara BUMN tidak mau main-main dengan kedisiplinan pejabat di dalam kementrian yang ia pimpin. Dahlan akan memecat seorang komisaris BUMN yang menolak melaporkan harta kekayaannya ke KPK .

Keputusan ini diambil setelah Dahlan bertemu dengan Direktur LHKPN KPK Cahya Hardianto Harefa di Gedung KPK hari ini, Selasa (19/6). Informasi yang ia dapatkan dari KPK menyebutkan bahwa komisaris itu menolak melaporkan harta kekayaannya meskipun telah diwajibkan dalam Undang Undang.

Dahlan mengatakan bahwa Komisaris BUMN itu bilang bahwa dirinya memang menolak dan berkata kalau diminta melaporkan kekayaan lebih baik dia mengundurkan diri, namun sampai sekarang komisaris itu masih belum mundur.

Saat ditanya siapakah komisaris yang ia maksud itu, Dahlan tidak mau mengatakan terus terang namun komisaris itu ada di badan usaha bidang logistik, tetapi bukan Bulog. Menurutnya KPK telah memberi dua kali peringatan agar segera melaporkan jumlah kekayaan yang ia miliki namun komisaris yang lebih dulu ada di BUMN ini masih tetap menolak.

Dahlan pun tanpa babibu langsung akan menggantinya karena sudah ada dua kali peringatan dari KPK. Dahlan baru mendapat satu informasi pejabat yang menolak melaporkan harta kekayaannya. Ia mengingatkan pada pejabat-pejabat yang ada di kementriannya untuk disiplin terkait LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara).

Dahlan juga menegaskan nantinya tidak akan ada peringatan kedua, ketika peringatan pertama sampai dan yang bersangkutan masih menolak, ia akan langsung mengganti pejabat tersebut.

Comment di sini