Facebook Lahap Situs Pengenal Wajah, Face.com

by
June 19th, 2012 at 5:08 pm

Facebook kembali melakukan akuisisi. Situs jejaring sosial yang belum lama turun ke pasar saham ini giat melakukan pelebaran. Kali ini, mereka mengakuisisi Face.com.

Sesuai namanya, situs Face.com memang memiliki kekhususan dalam hal yang berkaitan dengan wajah. Bukan ahli tata rias, wajah yang dimaksud adalah wajah di dalam sebuah foto. Mereka membangun sebuah perangkat lunak yang mempu mengenali sosok yang ada di sebuah foto.

Meskipun sempat menuai kritik karena dianggap melanggar privasi, aplikasi Face.com nyatanya terus eksis dan berkembang. Bahkan, situs yang berdiri sejak 2008 ini telah dua tahun terintegrasi dengan Facebook.

Pihak Facebook sepertinya menyadari bahwa mayoritas penggunanya sangat menyukai fitur berbagi foto. Karena itu, kini mereka mengakuisisi Face.com untuk mempermudah para penggunanya berbagi foto. Terakhir, Facebook diketahui mengakuisisi Instagram, situs berbagi foto, dengan harga yang fenomenal. Sedangkan untuk Face.com hingga kini, belum ada angka resmi yang disebutkan dalam proses akuisisi tersebut.

Terkait akuisisi tersebut, beredar rumor bahwa Facebook hanya akan memperkerjakan orang-orang berbakat di balik Face.com. Namun, rumor itu tidak bertahan lama karena ada pendapat bahwa akuisisi tersebut dinilai sangat wajar mengingat Face.com telah terintegrasi dengan Facebok selama dua tahun.

Sementara itu, CEO Face.com Gil Hirsch mengatakan bahwa ia memang menantikan kesempatan untuk bekerja sama dengan Facebook. Menurutnya, kerjasama ini memberi ia kesempatan lebih besar untuk membangun produk yang luar biasa.

Comment di sini