Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Twitter Dibajak

by
June 19th, 2012 at 4:10 pm

Selain Facebook, akun Twitter juga sering mendapat serangan dari tangan-tangan jail yang suka membajak akun. Alhasil akun Twitter kamu jadi media untuk kirim spam dan sejumlah iklan yang tidak penting oleh si pembajak. Lalu apa yang perlu dilakukan ketika hal ini terjadi?

Agar pembajakan akun Twitter kamu tidak terus terjadi, maka segeralah lakukan beberapa tindakan penting. Jangan biarkan orang tidak kenal itu bisa mengakses akun kamu dengan mudah.

Segera lakukan beberapa hal berikut agar akun kamu bisa tetap aman setelah dibajak:

1. Merubah kata sandi

Setelah kamu tahu bahwa akun Twitter kamu sudah dibajak oleh orang lain, maka segeralah untuk melakukan perubahan kata sandi. Caranya, klik dropdown yang terletak di pojok kanan atas halam Twitter kamu (biasanya gambar seperti kepala orang). Pilih setings atau pengaturan dan pilih password atau kata sandi.

2. Putus aplikasi mencurigakan

Untuk mencegah pembajak masuk lewat aplikasi, lebih baik tutup semua aplikasi yang terhubung dengan akun Twitter kamu. Caranya, pilih “Applications” atau “Aplikasi” yang berada di menu pengaturan. Lihat daftar aplikasi dan segera putuskan hubungan dengan aplikasi tersebut.

3. Reset semua kata sandi

Jika kamu sudah mengganti kata sandi dengan yang baru, maka kata sandi untuk aplikasi pihak ketiga seperti Instagram atau Twitter mobile juga harus diubah atau diupdate dengan kata sandi yang baru itu. Ini untuk menghindari adanya eror atau kesalahan sambungan.

4. Menghapus tweet dan DM

Setelah dibajak sebaiknya segeralah untuk menghapus semua tweet dan Direct Messages (DM). Ini bertujuan agar si pembajak tidak bisa mengetahui semua data pribadi kamu.

Untuk mencegah akun Twitter kamu dibajak, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal penting ini; pertama, berhati-hati terhadap link mencurigakan terutama yang mengarahkan kamu ke program jahat. Kedua, waspada dalam menulis kata sandi Twitter di situs Twitter yang palsu. Ini adalah jebakan agar akun kamu bisa dibajak dengan mudah.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat akun Twitter kamu itu dibajak. Segera lakukan hal itu sebelum akun Twitter kamu itu benar-benar diacak-acak oleh orang lain.

Comment di sini