Awan Jamur Raksasa di Langit Beijing Hebohkan Warga (Video)

by
June 19th, 2012 at 11:32 am

Imagine China/Cater News

Fenomena langit kembali mencuri perhatian warga Beijing, China. Minggu lalu, sebuah awan tebal raksasa tampak di langit Beijing dan menghebohkan warga setempat. Sampai semua penduduk di ibukota negara Republik China itu tidak mau kelewatan momen indah tersebut hingga mereka berusaha untuk mengabadikannya dengan memotret maupun merekamnya dengan kamera video.

Awan yang menyerupai jamur raksasa ini dikatakan sebagai awan badai cumulonimbus. Awan jenis cumulonimbus memang terkenal dengan sebutan awan badai karena kandungan air di dalamnya yang menyebabkan awan ini selalu terlihat sangat besar dan berat.

Gesekan antar partikel air di dalamnya mampu membuat kilatan cahaya yang sering kita sebut dengan halilintar.

Sebenarnya, awan cumulonimbus ini berasal dari awan cumulus yang berbentuk terpisah-pisah dan lebih ringan. Gumpalan awan cumulus biasanya lebih kecil dibandingkan cumulonimbus. Awan cumulus sering muncul ketika cuaca sedang berawan. Tapi ketika awan cumulus ini bergabung menjadi satu, maka muncullah awan cumulonimbus yang mampu mempengaruhi berubahnya cuaca.

Itulah yang menyebabkan awan jamur raksasa yang muncul di Beijing, menurut beberapa pihak sempat menyatakan bahwa awan itu merupakan awan badai yang menyelimuti gedung-gedung pencakar langit selama kurang lebih 1 jam.

Berikut ini video yang direkam oleh penduduk setempat.

Yahoo News

Comment di sini