8 Makanan yang Baik Bagi Fungsi Otak

by
June 19th, 2012 at 5:40 pm

Anda ingin meningkatkan kualitas otak seperti meningkatkan daya ingat, menjadi lebih cerdas atau lain-lainnya? Perhatikanlah makanan yang selama ini Anda konsumsi. Makanan memiliki andil yang cukup besar bagi perkembangan otak seseorang. Makanan yang bergizi mampu menstimulasi otak Anda agar berpikir lebih pintar.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat Anda santap demi meningkatkan kualitas otak Anda.

1. Cokelat

Science Daily

Selain memiliki kandungan yang mampu menimbulkan hormon gembira pada manusia sehingga cokelat disebut-sebut sebagai obat penawar mood yang sedang jelek, ternyata juga dapat memperlancar aliran darah ke otak. Hal ini sangat penting agar otak mampu bekerja dengan baik. Tapi bukan sembarangan cokelat lho. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa cokelat hitam (dark chocolate) mampu meningkatkan kemampuan matematika seorang anak dalam usia sekolah.

2. Buah Beri

Berbagai macam buah beri seperti strawberi, bluberi, dan raspberi ternyata mengandung anthocyanin yang sangat bermanfaat bagi memori pengingat yang berada di otak. Jika Anda merasa memiliki tingkat lupa yang parah, sebaiknya makanlah 1 mangkuk ukuran sedang yang berisi buah beri segar. Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa beri-berian itu mampu meningkatkan daya ingat Anda.

3. Telur

Hal yang sudah umum kalau telur sangat baik bagi fungsi dan perkembangan otak. Sebab di dalam telur terdapat kandungan lemak omega 3, tetapi kandungan omega 3 yang berlebih pada beberapa jenis telur justru tidak baik bagi kesehatan.

4. Apel

Apel sudah terkenal sebagai buah yang sehat bagi tubuh manusia, bagi orang yang sedang diet, dan ternyata juga sangat bagus bagi kualitas otak manusia. Buah yang memiliki banyak air sari ini mampu melindungi otak dari pengaruh zat-zat kimia yang mungkin sudah masuk ke dalam tubuh Anda melalui makanan yang sudah diserap usus.

5. Biji Labu

Labu yang dimaksud di sini adalah labu oranye yang berukuran besar atau sedang. Biji dari jenis labu ini besar-besar sehingga dapat dikonsumsi. Selain itu, di dalam biji labu tersebut terdapat zat tryptophan yang berfungsi untuk membentuk serotonin, zat yang berguna untuk menjaga kesehatan otak.

6. Buah Bit

Buah bit yang berwarna merah maroon ini sering dijumpai dalam campuran salad. Buah ini kaya akan kandungan viatmin B yang mampu meningkatkan proses berpikir pada otak Anda. Tapi buah bit dalam kemasan kaleng tidak memiliki khasiat yang sama dengan buah bit segar. Jadi, sebaiknya makan buah bit yang masih segar baru dari pasar.

7. Ikan Teri

Ternyata ikan teri mampu meningkatkan kerja otak sama dengan khasiat yang didapat dari mengonsumsi ikan tuna. Ikan teri juga memiliki resiko yang rendah dari tercemar kandungan logam berat di laut seperti merkuri. Jadi ikan teri sangat aman untuk di konsumsi. Pada dasarnya, semua ikan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas otak, jadi tidak harus ikan teri atau ikan tuna saja.

8. Sayuran hijau

Sayuran hijau selain baik untuk pemenuhan serat dalam tubuh, ternyata bagus juga untuk mencegah penuaan sel-sel pada otak. Sayuran hijau yang dimaksud disini ialah semacam kubis atau kol, dan juga brokoli, kembang kol, dll.

Itulah kedelapan bahan makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas otak dari segi daya ingat, proses berpikir, menghindari penuaan sel pada otak, dan menjaga otak dari kandungan bahan kimia yang mungkin sudah terserap oleh tubuh.

Yahoo Health

Comment di sini