Pernah Ada Manusia Berkepala Hiu di Dunia

by
June 19th, 2012 at 11:00 am

Acanthodes Bronni / sci-news.com

Dua ratus sembilan puluh juta tahun yang lalu, bentuk kepala nenek moyang manusia menyerupai hiu. Setelah menyusuri jejak nenek moyang manusia hingga ratusan juta tahun yang lalu, para peneliti dari University College dan University of Chicago menemukan spesies ikan Acanthodes Bronni.

Spesies ini berasal dari kelompok acanthodian yang menaungi binatang bertulang belakang pertama yang memiliki rahang, yang biasa disebut gnathostomes. Fosil hasil temuan yang diduga nenek moyang manusia ini memiliki tulang belakang–layaknya manusia– dan pecahan tengkorak. Pecahan ini yang akan diteliti lebih lanjut untuk mereka ulang bentuk kepala Acanthodes yang sebenarnya.

Bentuk kepala ikan hasil reka ulang tersebut kemudian dibandingkan dengan 138 tengkorak dari dua kelompok ikan, chondrichthye dan osteichthyes. Chondrichthye merupakan jenis ikan kerabat hiu, sementara osteichthyes dekat dengan ikan yang biasa kita konsumsi saat ini. Ternyata kepala Acanthodes hasil temuan tersebut ternyata lebih mirip dengan kelompok osteichthyes.

“Seluruh binatang vertebrata berrahang memiliki nenek moyang sama dengan kepala mirip hiu,” ujar John Finarelli, peneliti dari University College¬†seperti dikutip dari Tempo.

Acanthodes Bronni ditemukan di lapisan tanah yang terbentuk pada masa Paleozoic, atau sekitar 550-250 juta tahun lalu di mana Bumi saat itu dibentuk oleh sebuah benua bernama Pangaea. Benua tersebut dikenal juga dengan mana ‘Benua Super‘. Hal yang menjadi ciri periode paleizoic ini adalah vegetasi tumbuhan sejenis pinus ketika itu sangat dominan.

Comment di sini