Sekolah di Inggris Berhenti Sajikan Daging Babi

by
June 19th, 2012 at 11:21 am

Randy Mayor; Melanie J. Clarke

Dewan kota menghapus makanan yang menggunakan daging babi dari menu makan siang yang disediakan ratusan sekolah di Inggris. Mereka beralasan bahwa hal ini dilakukan untuk mengakomodir siswa dan staf pemeluk agama Islam atau Yahudi, yang tidak mengonsumsi daging babi.

Menurut John Benjamin, Ketua Dewan Deputi Yahudi Inggris, pelarangan itu agak berlebihan, meskipun beberapa pemeluk Yahudi menolak makan di lingkungan yang tidak kosher atau halal.

“Para siswa di sekolah yang mungkin tidak bawa babi biasanya akan membawa bekal makanan sendiri,” kata John, seperti diberitakan Daily Mail, 17 Juni 2012. Namun ia juga menegaskan bahwa keptusan dewan kota tersebut merupakan tanpa tekanan dari kaum Yahudi atau Muslim di Inggris.

Ucapan John tersebut senada dengan kaum Muslim di Inggris yang menginginkan penggunaan alat masak yang berbeda dalam mengolah makanan halal dan non-halal. Mereka juga ingin ada pelabelan makanan untuk membedakan apakah makanan tersebut hala untuk dimakan atau tidak.

Keputusan menghilangkan daging babi dari menu makan siang ini tentu menimbulkan protes dari para anggota parlemen. Mereka menilai bahwa keputusan ini tidak tepat secara politis mekipun ratusan sekolah tersebut menyetujui keputusan ini.

Philip Davies, seorang anggota parlemen konservatif di West Yorkshire, mengatakan bahwa setiap murid bebas untuk memilih menu yang ia makan. Menghilangkan daging babi dari menu tentu saja tidak adil bagi para siswa yang tidak berkeberatan dengan menu tersebut.

Comment di sini