Dituding Rasis, Sepatu Adidas Terbaru Gagal Meluncur

by
June 19th, 2012 at 3:04 pm

Adidas gagal meluncurkan produk barunya. Produsen perlengkapan olahraga asal Jerman tersebut telah menarik kembali sepatu yang rencananya akan dirilis pada 12 Agustus 2012. Sepatu karya designer Jeremy Scott ini menuai protes dari banyak kalangan di internet karena dinilai mengandung unsur rasisme.

JS Roundhouse Mid, demikian sepatu kontroversial ini diberi nama. Sepatu tersebut memicu kemarahan jauh sebelum diluncurkan, yaitu sejak Adidas memamerkan foto Roundhouse Mid di halaman Facebook resmi mereka.

Foto tersebut mendapat berbagai macam kritik. Sebagian besar berpendapat sepatu itu terlalu berbau ‘perbudakan‘. Kenapa ‘perbudakan’? Karena sepatu tersebut memiliki semacam borgol rantai (seperti pasung) berwarna kuning yang diikatkan ke kaki penggunanya.

Adidas mengeluarkan pernyataan resmi bahwa sepatu tersebut hanyalah karya Jeremy Scott yang unik dan bernilai fashion, tidak menyinggung suatu apapun tentang perbudakan. Namun, karena banyak orang pihak yang merasa tersinggung–meskipun banyak juga komentar yang menyenangkan–, Adidas memutuskan menarik rencana mereka untuk merilis sepatu tersebut 12 Agustus 2012 mendatang.

Jeremy Scott, designer Roundhouse Mid, menyatakan bahwa desain sepatu tersebut terinspirasi dari mainan bernama “my pet monster”. “Karyaku selalu terinspirasi oleh kartun, mainan, dan masa kecilku,” ucap Scott melalui emailnya kepada The Associated Press.

Kolaborasi antara Adidas dan Jeremy Scott sebelumnya menghasilkan sepatu bertema Mickey Mouse dan Panda.

Comment di sini