Surface, Tablet PC Dari Microsoft

by
June 19th, 2012 at 10:37 am

Microsoft Surface Tablet (Engadget)

Microsoft akhirnya memperkenalkan tablet PC buatan mereka sendiri. Ada dua buah model tablet yang mereka perkenalkan. Sa,ma-sama masuk dalam kelas Surface, salah satunya diberikan nama Windows RT Tablet, dan satunya lagi dinamai Windows 8 Pro Tablet. Keduanya memiliki ukuran layar yang sama, yakni 10,6 inci capacitive touchpanel. Tidak hanya ukuran layarnya saja yang sama. Namun Microsoft juga menggunakan teknologi Gorilla Glass 2 pada kedua layar tersebut, memberikan kemampuan lebih dalam menahan benturan dan goresan benda-benda tajam. Lalu apa perbedaannya? Berikut perbandingan spesifikasi dari kedua tablet ini.

Windows 8 RT

Windows 8 Pro

Prosesor

NVIDIA Tegra-based ARM chip

Intel Core i5 Ivy Bridge

Display

10.6-inch ClearType HD capacitive touchpanel

10.6-inch ClearType Full HD (1080p) capacitive touchpanel

Kapasitas

32/64 GB

64/128 GB

Berat

676 gram

903 gram

Ketebalan

9,3 mm

13,5 mm

I/O

MicroSD, USB 2.0, Micro HD video, 2×2 MIMO antennae

MicroSDXC, USB 3.0, Mini DisplayPort, 2×2 MIMO antennae

Software

Windows RT + Office Home & Student 2013 RT

Windows 8 Pro

Baterai

31,5 Wh

42 Wh

Ketersediaan

Hampir bersamaan dengan peluncuran Windows 8

Tiga bulan setelah peluncuran Windows 8

Dilihat dari segi spesifikasinya, nampaknya Microsoft merencanakan untuk menjadikan tablet Windows 8 RT sebagai paket “ekonomis” dan Windows 8 Pro sebagai paket yang lebih mahal.

Dalam paket pembeliannya, Microsoft juga sudah menyediakan beberapa aksesoris. Berfungsi sebagai cover, Microsoft mengumumkan bahwa cover buatan Polartec ini tidak hanya merupakan smart cover seperti milik iPad. Dan ketika ditunjukkan, memang betul. Type Cover ini memiliki deretan tuts keyboard, lengkap dengan touchpad, dan kesemuanya itu dioperasikan hanya dengan sentuhan. Berbeda denga touch cover, cover yang satunya lagi, Type Cover memiliki tuts keyboard tradisional, berbahan plastik solid, sehingga ketika dipasangkan dengan tablet, akan tampak seperti ultrabook.

Touch Cover (Engadget)

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai keyboard, tapi kedua Cover ini juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan warnanya dengan warna desktop background tablet Anda.

Menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk memilikinya, sayangnya, masih harus menunggu beberapa saat lagi. Karena Microsoft belum mengumumkan kapan akan tersedia di Asia, terutama Indonesia, maupun berapa harganya nanti ketika sudah dirilis.

Dan, ini dia video dari Microsoft sebagai teaser produk Surface mereka:

Comment di sini