7 Hal yang Mengundang Nyamuk

by
June 20th, 2012 at 1:00 pm

Banyak yang tidak tahu bahwa hal-hal yang sepele ternyata bisa menarik nyamuk. Dengan mengetahui pada sajakah benda-benda yang mengundang nyamuk, kamu bisa mengurangi bahkan menghilangkan hal-hal itu dan tidur pun akan lelap tanpa gangguan nyamuk.

1. Lactic acid

Lactic acid juga disebut dengan asam laktat. Orang yang selesai berolahraga mengeluarkan zat ini dan memakan makanan tertentu juga memicu produksi zat ini. Perangkap nyamuk didisain dengan menggunakan zat ini sebagai pengumpan.

2. Panas tubuh

Nyamuk adalah hewan yang memiliki sensor panas yang canggih. Mereka akan mengikuti panas tubuh dan akan langsung terbang menuju sasaran. Sirkulasi darah pada hewan dan manusia memancarkan panas tubuh alami sehingga bersiaplah menjadi sasaran nyamuk.

3. Gerakan

Ternyata nyamuk juga bisa melihat korban mereka dari jarak 30 kaki dengan cara melihat perubahan gelombang cahaya di sekitar mereka yang disebabkan oleh benda yang bergerak.

4. Suara

Beberapa perusahaan yang memproduksi perangkap nyamuk mengatakan bahwa mereka menarik nyamuk atau menolak nyamuk dengan gelombang suara tertentu namun para ilmuwan membuktikan bahwa tidak ada frekuensi suara tertentu yang menarik bagi nyamuk.

5. Karbon dioksida

Napas manusia dan hewan menghasilkan karbon dioksida yang menarik nyamuk walaupun begitu, lilin atau sumber api lain juga mengeluarkan karbon dioksida ternyata tidak menarik bagi nyamuk. Berarti nyamuk bukan hanya tertarik pada gas ini saja.

6. Kelembaban

Saat bernafas manusia tidak hanya mengeluarkan gas CO2 saja namun juga uap air dan keringat yang dihasilkna pada saat bergerak dengan aktif. Sejumlah kecil air saja bisa menarik nyamuk itulah alasan kenapa banyak nyamuk di tempat yang berkubang karena nyamuk akan berpikir di situlah sumber darah berada.

7. Warna

Warna gelap dapat menarik nyamuk jadi jangan heran saat kamu memakai baju berwarna gelap, nyamuk-nyamuk akan datang menghampirimu. Dedaunan berwarna gelap juga adalah salah satu benda yang dapat menarik nyamuk.

8. Octenol

Ketika hewan-hewan dan orang sedang bernapas, napas yang dihembuskan bercampur dengan karbon dioksida dan juga octenol. Octenol ini merupakan jenis ofalcohol yang digambarkan sebagai ‘napas sapi dalam kaleng’. Zat ini merupakan daya tarik yang luar biasa bagi nyamuk. Serangga penggigit lain dan nyamuk memiliki reseptor yang sensitif yang dapat mendeteksi bahan kimia ini dari jarak 100 meter.

Kedelapan hal ini bisa menarik nyamuk ke dalam rumah dan kamar kamu. Rapikan dan perhatikan warna serta ventilasi rumah agar nyamuk tidak betah, kalau mau praktis pakai saja perangkap nyamuk.

Comment di sini