Apple Punya Siri, Android Andalkan Robin

by
June 20th, 2012 at 2:47 pm

Siri, sebuah aplikasi yang bisa berfungsi sebagai asisten pribadi Anda di dalam perangkat iOS Anda, cukup hanya melalui perintah suara (voice command) saja untuk mengaktifkan dan menggunakannya. Setelah berjalan beberapa bulan tanpa ada saingan berarti, kini Siri mulai mendapatkan perlawanan dari sistem operasi lain. Beberapa saat yang lalu, salah satu pengembang ponsel, Samsung, mengimplementasikan fitur aplikasi S Voice, sebuah aplikasi voice command, khusus pada handset terbaru mereka, Samsung Galaxy S 3. Lantas bagaimana dengan nasib handset lainnya yang menggunakan sistem operasi non iOS?

Rupanya, Google telah memikirkan hal tersebut. Kini, jika Anda mengunjungi app market Google, yakni Google Play Store, maka Anda akan bisa menemukan sebuah aplikasi yang diberi nama Robin. Bukan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai asisten sepenuhnya memang, Robin adalah semua aplikasi yang saat ini sedang dikembangkan untuk membantu Anda yang sedang berada di dalam perjalanan.

Robin merupakan sebuah aplikasi yang aktif berdasarkan gerakan (motion-activated), yang akan membantu pengendara untuk tetap berkonsentrasi pada jalanan, dan memberikan bantuan berupa saran dan informasi mengenai jalur yang akan ditempuh, kondisi jalan, dan lain-lain.

Aplikasi ini memang masih jauh dari kata sempurna, dan juga masih kalah dari Siri, yang jauh lebih interaktif. Bahkan hal ini diakui oleh salah satu petinggi developer Robin, Amro Mousa. Dirinya mengakui bahwa aplikasi belumlah sempurna, demikian halnya dengan Siri, namun Siri sudah selangkah lebih jauh di dalam kompetisi ini.

Melihat adanya developer yang serius dalam mengembangkan Robin, bukan tidak mungkin kita akan menjumpai banyak aplikasi serupa nantinya. Atau mungkin juga, tidak tertutup kemungkinan kita akan melihat Siri tidak lagi eksklusif untuk iOS saja.

Comment di sini