CiriCara: Cara Memilih Pendidikan Untuk Anak

by
June 20th, 2012 at 7:10 pm

Setelah anak lulus ujian nasional, kini mereka harus melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Alhasil, para orangtua kebingungan dalam memilih sekolah untuk anak mereka. Apalagi saat ini banyak sekali sekolah-sekolah yang mengaku baik.

Sebagai orangtua yang baik, Anda harus pandai-pandai dalam memilih pendidikan untuk anak. Jangan biarkan anak Anda mengenyam pendidikan dari instansi yang kurang baik. Ingat, pendidikan adalah bekal penting anak untuk menatap masa depan.

Berikut cara memilih pendidikan yang baik untuk anak:

1. Pilih sekolah yang sesuai

Maksudnya adalah pilihlah sekolah yang sesuai dan bisa menyalurkan bakat anak Anda. Jangan masukkan anak ke sekolah musik jika dia tidak berbakat dalam musik. Ini hanya akan membuat anak Anda tidak berkembang.

2. Kredibilitas yang baik

Pilihlah sekolah yang punya kredibilitas yang baik. Lihat apa saja prestasi yang sudah diraih oleh sekolah dan bagaimana sejarah siswa terdahulu dari sekolah tersebut. Perhatikan juga kredibilitas para pengajarnya.

3. Lihat fasilitasnya

Dalam memilih sekolah, perhatikan kelengkapan fasilitas sekolah tersebut. Lihat apakah fasilitas yang dibutuhkan anak Anda lengkap atau tidak. Semakin lengkap fasilitas sekolah, maka anak Anda akan lebih mendapatkan pendidikan yang lebih layak.

4. Sesuaikan dana

Sesuaikan dana yang akan Anda keluarkan dengan kelengkapan fasilitas yang ada. Apakah dana yang akan Anda keluarkan pantas atau tidak. Ini menghindari adanya tindak kecurangan dari pihak sekolah.

5. Pilih lokasi

Usahakan untuk memilih sekolah yang lokasinya dekat dengan rumah. Selain Anda bisa mengawasi anak, sekolah yang dekat juga tidak akan menguras energi anak. Jadi usai pulang sekolah anak Anda masih bisa melakukan hal lain seperti les atau kursus.

Yang terpenting dalam menentukan pendidikan buat anak adalah sesuai dengan kemampuan anak. Percuma jika Anda memaksa anak bersekolah di sekolah unggulan jika kemampuan anak tidak sampai. Ini hanya akan membuat anak Anda semakin tertinggal dalam pendidikan.

Kenali bakat anak Anda dengan baik. Jangan lupa juga untuk minta pendapat anak mengenai sekolah yang akan Anda pilih ini. :)

Comment di sini