CiriCara: Cara Mencegah Penularan HIV/AIDS

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari University of North Carolina menunjukkan keampuhan ASI (Air Susu Ibu) yang paling baru. Cairan ini ternyata sangat ampuh untuk melemahkan virus penyebab AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Angle Wahl adalah peneliti yang melakukan riset tersebut. Ia melakukan percobaan pada tikus-tikus yang telah diberi organ cangkok modifikasi. Organ-organ tersebut adalah kelenjar timus, hati dan sumsum tulang belakang dari manusia.

Tikus-tikus percobaan itu dibagi dalam dua kelompok. Masing-masing kelompok diberi virus dengan dosis tertentu. Selama masa percobaan, tikus kelompok pertama diberikan virus dalam dosis tertentu sedangkan untuk kelompok kedua virus diberikan dengan campuran ASI.

Hasilnya cukup mengejutkan. Tikus kelompok yang pertama positif tertular HIV namun kelompok kedua negatif, mereka tidak tertular HIV.

J. Victor Garcia, pembimbing penelitian, mengatakan bahwa eksperimen ini menunjukkan bahwa susu (ASI) memiliki komponen yang dapat menaklukkan HIV.

Penelitian sebelumnya menujukkan bahwa air susu ibu memiliki kemampuan antiviral atau menghancurkan virus namun baru kali ini ditemukan keampuhan ASI yang dapat mencegah penularan HIV.

Pertanyaan pun muncul, mengapa bayi baru lahir dari ibu yang positif HIV tertular jika meminum ASI dari ibunya? Menurut para peneliti, darah pada pembuluh darah pada putting susu ibu juga ikut terhisap saat proses menyusui.

Saat ini peneliti menjadwalkan untuk mencari komponen yang belum dikenal dalam air susu yang mampu membunuh virus. Apabila komponen ini dapat teridentifikasi, pencegahan proses penyebaran seperti penularan melalui hubungan intim bisa dilakukan.

Jangan ragu untuk memberi ASI pada si buah hati lagi ya?!


comments powered by Disqus

Leave a Reply