CiriCara: Ciri-ciri Anak Cacingan

by
June 20th, 2012 at 5:20 pm

Penyakit cacingan yang disebabkan oleh masuknya cacing ke dalam tubuh manusia dan berdiam di dalam perut atau di daerah sekitar anus, bukanlah perkara sepele yang tidak perlu diperhatikan. Jangan anggap remeh penyakit cacingan ini!

Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak karena pada usia tersebut mereka masih senang bermain dengan tanah dan benda-benda yang kotor tapi malas untuk bersih-bersih diri. Kesadaran anak-anak pada kebersihan masih sangat kurang sehingga mereka mudah terserang cacing parasit yang masuk melalu jari-jari tangan melalui mulut.

Tidak jarang orang dewasa juga terkena penyaki cacingan ini. Cacing-cacing parasit sangat kecil, apalagi telur-telurnya. Mereka ada di mana-mana dan tidak dapat terlihat hanya dengan mata telanjang. Berhati-hatilah dengan kebersihan diri dan makanan yang Anda makan! Sebab tidak hanya melalui kulit dan jari-jari tangan tapi cacing parasit ini juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak bersih.

Kenali gejala seseorang yang terserang penyakit cacingan. Berikut ini gejala-gejala yang akan dialami anak-anak ataupun orang dewasa yang mengalami penyakit cacingan.

1. Daerah anus terasa gatal

Jika sekitar anus terasa gatal maka cacing yang masuk ke dalam tubuh adalah cacing parasit jenis Enterobius Vermicularis. Cacing jenis ini memilih untuk berdiam di sekitar anus dan meletakkan telurnya di sana. Jika anus Anda atau anak-anak sudah mulai terasa gatal sebaiknya langsung dibersihkan dengan menggunakan cairan atau sabun anti-septik.

2. Nyeri di bagian perut

Berhati-hatilah jika anak Anda sudah mengeluh tentang perutnya yang terasa sangat nyeri. Ada kalanya, diare juga disebabkan oleh cacing parasit yang hidup di dalam usus manusia.

3. Berat badan menurun

Sebagian besar penderita cacingan ini mengalami penurunan nafsu makan. Tapi ada juga yang nafsu makannya tetap namun, berat badannya tetap menurun. Ini diakibatkan oleh cacing yang ada dalam tubuh yang menyedot seluruh nutrisi yang masuk ke tubuh. Namanya juga cacing parasit, jadi mereka menumpang hidup pada tubuh manusia yang berarti apa yang masuk pada tubuh manusia akan diserap juga oleh cacing tersebut.

4. Kekurangan darah

Jenis cacing parasit yang menghisap darah di dalam tubuh manusia adalah cacing tambang. Cacing jenis ini tidak menyerap nutrisi yang masuk bagi tubuh, tapi mereka menghisap darah dari perut induknya. Alhasil, manusia yang menjadi induknya itu mengalami kekurangan darah, taraf akutnya, bisa terjadi pendarahan di dalam perut manusia atau organ lainnya yang dihisap darahnya.

5. Batuk yang berkelanjutan

Waspadalah jika Anda mengalami batuk yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh meski sudah diberi obat oleh dokter. Sebab ada pula cacing parasit yang hidupnya menumpang pada paru-paru manusia. Hal ini membuat paru-paru tidak dapat bekerja dengan normal sehingga batuk yang diderita anak tidak sembuh-sembuh kecuali cacing tersebut berhasil dikeluarkan.

Itulah kelima gejala yang dapat dikenali jika anak Anda atau orang terdekat menderita cacingan. Jangan anggap remeh penyakit cacingan ini sebab yang masuk ke dalam tubuh Anda adalah cacing parasit yang mampu bertahan hidup di dalam organ kita dengan cara mengambil keuntungan dari tubuh manusia.

Segeralah periksa ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut dan jangan lupa untuk tanamkan buadaya hidup bersih pada keluarga Anda.

Comment di sini