CiriCara: Ciri-Ciri Awal Kehamilan

by
June 20th, 2012 at 9:45 am

Baby First Calendar

Masa awal kehamilan adalah masa-masa yang sulit karena risiko keguguran pada masa ini cukup besar. Banyak juga yang tidak mengetahui apa saja tanda-tanda orang yang sedang hamil muda. Karena itu, mengenali tanda hamil menjadi faktor yang penting untuk mengurangi risiko keguguran.

Simak ciri-ciri hamil muda berikut ini agar Anda tidak perlu merasa khawatir lagi karena mampu memberikan perawatan pada si jabang bayi semenjak dini.

1. Berhenti menstruasi

Apabila bulan selanjutnya menstruasi tidak keluar, ini berarti kemungkinan hamil sangat tinggi walaupun bisa saja disebabkan oleh kelainan hormon dan stres. Namun Anda perlu mengetahui perkiraan datangnya haid setiap bulan karena terlambat satu hari berarti usia janin dalam kandungan mencapai satu bulan.

2. Sering buang air kecil

Saat hamil, rahim membesar dan menebal menekan saluran kencing sehingga Anda akan sering ke kamar mandi. Keluhan seperti ini biasanya muncul hingga usia kandungan 12 minggu atau 3 bulan namun akan muncul kembali pada saat usia kandungan 7 bulan atau 28 minggu.

3. Ngidam

Ngidam memang identik dengan kehamilan. Biasanya ini terjadi saat usia kehamilan masih muda. Wanita-wanita hamil ini menginginkan makanan yang tidak biasanya pada jam-jam tertentu. Sebagai seorang suami yang baik, tentu saja akan membantu memuaskan ngidam sang istri.

4. Muntah dan mual

Perubahan hormon pada saat hamil membuat perut menjaid tidak nyaman. Bukan hanya susah makan namun merasa mual dan muntah-muntah di pagi hari sering terjadi. Gejala ini juga disebut dengan “Morning Sickness”.

5. Pembesaran payudara

Perubahan hormon juga mempengaruhi payudara sehingga menjadi lebih besar, puting payudara berwarna lebih gelap dan besar bahkan ada juga yang terasa sakit dan gatal.

Ciri-ciri hamil muda memang banyak namun tidak semua ciri ini bisa Anda temui bisa saja hanya satu atau dua saja. Walaupun begitu ada juga yang tidak merasakan gejala apapun ternyata dia hamil.

Melakukan tes urin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memeriksa apakah Anda sedang hamil atau tidak. Saat menggunakan test pack untuk kehamilan, saat yang paling tepat adalah pagi hari pada saat hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang dihasilkan plasenta sangat tinggi.

Comment di sini