CiriCara: Ciri Terkena Leptospirosis dan Cara Mengatasinya

by
June 20th, 2012 at 6:00 pm

Sudah membaca tentang penjelasan penyakit leptospirosis? Kali ini CiriCara akan membahas mengenai gejala yang muncul pada orang yang terinfeksi. Gejalanya yang serupa dengan penyakit flu kadang kala diremehkan sehingga penderita pun menjadi bertambah parah. Berikut ini adalah gejalanya:

Gejala penyakit ini biasanya muncul 3 atau 21 hari setelah infeksi. Ada dua tahapan berbeda infeksi leptospirosis ini yaitu:

1. Tahap pertama

Pada tahap ini, penderita akan memiliki gejala yang mirip dengan gejala flu yaitu sakit kepala, nyeri otot, muntah, demam tinggi dan kadang kala disertai ruam dikulit.

Gejala ini dapat berlangsung 3 hingga 5 hari sebelum masa pemulihan.

Pada kasus yang ringan, penderita akan pulih setelah tahap pertama namun bisa saja para penderita ini merasa kelelahan serta depresi selama beberapa waktu kemudian.

2. Tahap kedua

Pada tahap kedua ini penderita akan merasakan gejala yang sama seperti pada tahap awal.

Gejala yang terjadi selanjutnya tergantung pada tingkat seberapa parah infeksi tersebut dan bisa juga disertai dengan penyakit kuning (kulit dan mata kuning), mata merah, sakit perut serta diare.

Gejala bisa juga mirip dengan penyakit meningitis. Pada kasus yang parah, infeksi ini juga menyebabkan kegagalan fungsi hati dan ginjal. Penderita bisa meninggal karena gagal jantung, hati dan sistem pernapasan.

Cara pencegahan:

Pencegahan terbaik adalah dengan mengenali tempat yang biasanya menjadi sarang penyakit ini karena tindakan pencegahan dapat dilakukan berdasarkan pengetahuan tentang ini. Jika kamu tahu kamu akan masuk ke dalam air yang terkontaminasi bakteri ini, kamu bisa mengurangi risiko terinfeksi dengan:

1. Menutup semua luka seperti goresan dan lainnya dengan plester anti air.

2. Gunakan perlindungan seperti sarung tangan.

3. Cuci dan bersihkan segera setelah kamu keluar dari dalam air.

4. Bersihkan dengan hati-hati luka yang didapat saat sedang berada dalam air tawar.

5. Hidup bersih.

Apabila gejala terjadi pada kamu, segera hubungi dokter dan jelaskan bahwa kamu telah melakukan kontak atau berinteraksi di dekat atau dalam air terbuka. Dokter akan memberikan penanganan yang dapat mengurangi kemungkinan infeksi yang parah.

Rospa

Comment di sini