Ditemukan! Fosil Penyu Saat Tengah Kawin 50 Juta Tahun Lalu

by
June 20th, 2012 at 11:04 am

National News and Pictures/Daily Mail

Dr. Walter Joyce dari Universitas Tuebingen, Jerman menemukan 9 pasang fosil penyu yang berada di Messel Pit dekat Darmstadt, Jerman, sebuah daerah yang diakui UNESCO sebagai daerah warisan dunia pada Desember 1995.

Tetapi fosil penyu yang ditemukan tidak seperti biasanya. Penyu yang termasuk dalam kelas hewan vertebrata, yaitu hewan yang memiliki tulang belakang sebagai tempat menopang seluruh otot dan melindungi urat-uratnya, ditemukan fosilnya ketika sedang berhubungan seks dengan betinanya.

Hal ini diketahui melihat letak fosil-fosil yang berpasangan ini saling membelakangi, sebagaimana cara hewan bertempurung ini berkembang biak. Pasangan fosil-fosil ini ditemukan pada lapisan sedimen pada permukaan tanah.

National News and Pictures

Dr. Walter mengidentifikasi bahwa fosil penyu ini adalah pasangan jantan dan betina berdasarkan anatomi tubuhnya yang dibedakan dari ukuran ekor masing-masing. Jika jantan maka ekornya lebih panjang dari betinanya. Melihat dari keadaan dan letak ditemukannya fosil-fosil tersebut, hewan ini hidup pada 50 juta tahun yang lalu.

Pada 50 juta tahun yang lalu, daerah Messel merupakan daerah yang tertutup oleh danau besar dan dikelilingi oleh hutan subtropis yang subur.

Dr.Walter menyampaikan bahwa hewan ini berenang di danau yang airnya sudah terkontaminasi oleh racun dari gas vulkanik. Kemudian, tempurung penyu tersebut menyerap racunnya hingga akhirnya masuk ke dalam sistem saraf dan otot mereka. Atau bahkan, air danau itu terminum oleh mereka selama berada di dasar danau.

Hal inilah yang menyebabkan banyak penyu yang meninggal sejak tahun itu, dan tertimbun seiring adanya peningkatan lapisan permukaan tanah.

Daily Mail

Comment di sini