Euro 2012: Wah! Ada Spanduk NAZI di Tribun Suporter Jerman

by
June 20th, 2012 at 4:39 pm

Ilustrasi Spanduk NAZI

Ketika isu rasisme tengah panas-panasnya menjadi topik pembicaraan di pentas Piala Eropa 2012, UEFA mengumumkan penemuan spanduk bergambar swastika yang identik dengan Partai Nazi di tribun suporter Jerman.

Penemuan spanduk NAZI ini diumumkan oleh UEFA seperti dilansir www.tvn24.pl berbarengan dengan pengumuman pelanggaran lain yang dilakukan oleh suporter Tim Panser ketika Mario Gomez dkk. berlaga melawan Denmark pada Minggu (18/6). Spanduk tersebut ditemukan oleh UEFA yang melakukan koordinasi dengan salah satu jaringan yang paling getol menentang rasisme, Football Against Racism in Europe (FARE).

“FARE dapat mengonfirmasi bahwa salah satu pengamat kami melihat spanduk Neo NAZI di tribun pendukung Jerman saat pertandingan melawan Denmark di Lviv pada hari Minggu,” ungkap FARE lewat Twitter seperti dilansir Guardian.

Alhasil, UEFA menjatuhkan hukuman kepada Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) atas aksi tersebut. Selain karena penemuan spanduk yang berafiliasi dengan fasisme-rasisme, lembaga tertinggi dalam urusan sepak bola di Jerman juga dihukum karena teriakan-teriakan yang tidak pantas dan pembakaran red flair.

Sebelumnya, DFB harus membayar denda sebesar 10 ribu Euro atau sekitar Rp 119.380.000 karena pelemparan benda ke dalam lapangan yang dilakukan oleh suporter ketika laga melawan Portugal.

Saat ini tim Jerman tengah bersiap menghadapi laga melawan Yunani di babak perempat final (lihat: Jadwal Babak Perempat Final) setelah mereka mampu bertengger di puncak klasemen grup B. Yunani berada di posisi kedua grup A setelah berhasil lolos karena “keberuntungan” berkat sistem head-to-head yang baru diadopsi UEFA.

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini