Inilah Penyakit Manusia yang Bisa Dideteksi Anjing

by
June 20th, 2012 at 1:45 pm

Anjing memang sudah terkenal dengan kesetiaannya. Mereka bisa jadi hewan peliharaan yang paling setia dibanding dengan hewan peliharaan lainnya. Walau ada beberapa kisah tragedi yang melibatkan anjing dan majikannya, tetapi kita lebih sering mendengar kisah tentang bagaimana seekor anjing berjasa kepada majikannya, seperti sebuah kisah di Boston dimana seseorang lolos dari hantaman kereta api setelah dibantu oleh seekor anjing peliharaannya.

Citra baik terhadap anjing mungkin bisa bertambah setelah Anda membaca berita berikut ini.

Ternyata anjing tidak hanya bisa dilatih untuk menjadi penjaga rumah Anda kala rumah sedang kosong. Anjing-anjing pintar ini dapat juga dilatih untuk mengidentifikasi 6 penyakit pada manusia.

Inilah keenam penyakit manusia yang dapat diketahui oleh anjing, seperti yang dikabarkan oleh Daily Mail.

1. Epilepsi (Ayan)

Insting dan indera penciuman yang tajam pada hewan ini memampukan anjing untuk dilatih mendeteksi gejala penderita ayan. Anjing dapat mendeteksi perubahan kimia dalam tubuh seseorang yang menderita ayan 40 menit sebelum terjadinya kejang-kejang. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi majikan yang memiliki sakit ayan karena mereka masih sempat minum obat terlebih dahulu.

2. Autisme

Anak yang memiliki gangguan autisme cenderung untuk merasa tidak tenang dan kurang nyaman yang akan membuatnya marah-marah hingga tak terkendali. Anjing peliharaan dapat dilatih untuk menenangkan para penderita autis dengan cara membaringkan kepala mereka pada anak-anak penderita autis itu. Hal ini dipercaya oleh Joel Young dari organisasi Dog for Disabled, dapat mengurangi kecemasan dan tindak agresif yang dilakukan oleh penderita autis.

3. Pikun (Demensia)

Anjing yang pernah dilatih untuk membantu majikannya yang pikun adalah anjing Labrador Retriever. Anjing ini dilatih untuk mengingatkan jam makan majikannya, mandi, pergi kerja, dll.

4. Diabetes

Indera penciuman anjing yang sangat tajam memampukannya untuk mengetahui kadar gula dalam tubuh manusia melalui perubahan kimia yang terpancar dari perubahan bau badan manusia. Anjing juga dilatih untuk menjilat, dan mengendus untuk mendeteksi seseorang yang memiliki kadar gula darah yang rendah ataupun tinggi.

5. Tidur Mendadak (Narkolepsi)

Ada sebuah penyakit yang membuat penderitanya tidur secara tiba-tiba bahkan saat mereka sedang di tengah-tengah rutinitasnya, seperti layaknya orang yang pingsan dan tidak sadarkan diri. Jika penderita sakit ini tiba-tiba tertidur, maka harus segera dibangunkan jika tidak mereka akan sampai pada kematian.

Seekor anjing dari Essex, Inggris dilatih untuk membangunkan majikannya Kelly Sears. Anjing ini merupakan anjing pertama yang dilatih untuk mengatasi masalah majikannya yang adalah penderita Narkolepsi. Anjing ini bertugas untuk membangunkan Kelly dengan cara mengguncangkan badan Kelly, dan menjilatinya.

6. Penderita Nyeri

Anjing yang cocok dipelihara bagi penderita rasa nyeri yang berlebih adalah anjing Xoloitzcuintli. Anjing yang biasa disebut anjing Xolo ini tidak memiliki bulu dan tubuhnya mampu menghantarkan panas sehingga ketika tubuh anjing ini didekatkan atau ditempelkan pada penderita nyeri, maka rasa nyeri yang hampir ada di sekujur tubuhnya akan berkurang.

Itulah ketangkasan anjing sebagai hewan peliharaan yang dapat dilatih untuk mendeteksi keenam penyakit pada tubuh manusia, mungkin pada penelitian berikutnya anjing-anjing pintar ini akan mampu mendeteksi penyakit majikannya lebih banyak lagi.

Comment di sini