Rusia Jadi “Korban” Peraturan Head-to-head UEFA

by
June 20th, 2012 at 5:24 pm

Fase grup telah usai, Piala Eropa 2012 telah memasuki babak baru. Delapan tim tengah bersiap menghadapi pertarungan hidup mati. Semua akan menikmati serunya pertandingan-pertandingan ke depan. Tapi tidak bagi Rusia.

Peraturan ‘Head to Head‘ yang diberlakukan induk sepakbola Eropa dinilai tidak menguntungkan bagi mereka. Setelah menang telak melawan Republik Ceko dan ditahan imbang oleh tuan rumah Polandia, modal 4 poin seharusnya cukup bagi mereka untuk melenggang ke babak 8 besar.

Karena meskipun kalah dari Yunani, mereka (Rusia dan Yunani) sama-sama mengantongi 4 poin. Rusia harusnya lebih unggul karena selisih gol ketika menekuk Republik Ceko 4-1.

Namun, peraturan itu sudah tidak berlaku lagi. Mulai bulan Mei lalu, Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) meresmikan peraturan baru. Mereka juga telah mengumumkan berlakunya peraturan tersebut di situs resmi mereka. Tapi tetap saja, banyak orang yang belum tahu. Peraturan baru ini, mengacu pada rekor ‘Head to Head’ untuk menentukan siapa yang berhak lolos manakala dua tim memiliki poin yang sama.

Contoh, Rusia memiliki 4 poin di akhir fase grup, begitu juga dengan Yunani. Namun, rekor pertemuan antara Yunani melawan Rusia dimenangkan oleh Yunani. Karena catatan tersebut, Yunani berhak lolos ke fase delapan besar.

Peraturan tersebut memang membingungkan. Ketika mengetahui bahwa Yunani yang lolos–bukannya Rusia–, banyak orang yang berpikir bahwa Rusia terkena sanksi karena pendukungnya yang rusuh. Memang peraturan baru tersebut belum akrab bagi kebanyakan orang.

Presiden UEFA, Michel Platini, mengatakan bahwa peraturan tersebut memiliki kemungkinan untuk dirubah lagi. Namun untuk saat ini, peraturan yang berlaku tetap harus dihormati.

Mungkin, lebih menarik jika kedua tim yang memiliki perolehan poin sama harus bertanding sekali lagi (Play Off) untuk mendapatkan kursi di 8 besar. Atau, mungkin mereka tertarik untuk menggunakan undian koin, seperti masa lalu, sebelum diadakanya tendangan penalti? :D

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini