Textportraits, Rangkaian Kata Disulap Menjadi Lukisan (Foto)

by
June 20th, 2012 at 8:31 am

Seorang seniman memiliki ide kreatif membentuk karya seni dari teks yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk wajah orang yang terkenal. Ralph Ueltzhoefer, sang maestro, berkata bahwa sebuah foto atau gambar bisa terbuat dari kumpulan kata-kata. Ia pun mencetuskan ide untuk membuat Textpotraits.

Textpotraits merupakan hasil perpaduan teks dan foto/gambar, atau bisa juga dikatakan sebagai hasil perpaduan antara biografi dengan gambar diri orang tersebut.

Cara Ralph membuat textpotraits adalah dengan mengambil gambar orang ternama yang ia sukai secara acak, lalu ia membuat ulang gambar itu dengan menuliskan kumpulan biografi orang tersebut. Misalnya saja Michael Jackson.

Ralph memadukan foto orang yang ia ambil dari internet lalu membuat ulang dengan susunan kata-kata biografi yang diambilnya dari website Wikipedia dan ribuan website lainnya yang ia pakai sebagai referensi penulisan teks biografi tersebut. Ia menggunakan latar belakang berwarna hitam dan tulisannya berwarna putih atau bisa juga abu-abu.

Kata demi kata disusun sangat rapih dengan kerapatan yang konstan sampai akhirnya membentuk gambar orang yang sesuai dengan biografi itu, persis di tengah-tengah latar belakang hitam yang biasa dipakai Ralph.

Dan inilah hasil karya kreatifitas Ralp yang disebutnya sebagai textpotraits.

Oddity Central

Ini adalah Kate Moss, seorang model asal Inggris.

Oddity Central

Itulah gambar Michael Jackson yang sudah diubah menjadi Textpotraits oleh Ralph.

Oddity Central

Oddity Central

Keempat gambar tersebut jika dilihat sekilas hanya menampilkan wajah-wajah orang terkenal, tapi jika diperhatikan dengan saksama, maka kata demi kata yang berisi biografi orang-orang tersebut akan terlihat.

Oddity Central

Comment di sini