Apa Sih Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2?

by

Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Penyakit ini juga menyerang mereka yang berusia lanjut. Penyakit gula, nama lain dari diabetes, bisa diturunkan ke generasi selanjutnya sehingga mereka yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga memiliki risiko lebih besar daripada mereka yang tidak.

Menjaga pola makan dan gaya hidup sehat adalah salah satu cara pencegahan yang efektif namun kamu juga harus tahu apa saja tipe diabetes itu. Tipe diabetes ada bermacam-macam namun yang utama hanya ada dua jenis yaitu tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang banyak menyerang anak-anak, biasanya mereka yang belum berusia 20 tahun. Tipe ini sama sekali tidak dapat memproduksi insulin karena pankreas yang berfungsi untuk memproduksi zat ini dirusak oleh antibodi tubuh. Oleh sebab itu, mereka yang mengidap diabetes tipe 1 selalu membutuhkan insulin baik melalui suntik atau pompa.

Mereka yang mengidap diabetes tipe 1 ini mengandalkan insulin agar tetap hidup. Tanpa insulin yang disuntikkan dalam tubuh, glukosa tidak dapat diserap sehingga tetap ada dalam aliran darah yang sebagian terbuang bersama urin. Komplikasi yang biasa muncul adalah dehidrasi dan ketoacidosis.

Diabetes tipe 2

Penyakit gula tipe ini biasanya menyerang orang dewasa yang usianya lebih dari 35 tahun. Penyebab penyakit tipe ini juga berbeda dengan sebelumnya. Penyebabnya adalah resistensi insulin. Sebenarnya di awal tahap perkembangan penyakit ini, penderita tipe ini memiliki kadar insulin dalam tubuhnya hanya saja tidak dapat bekerja dengan baik.

Untuk merawat diabetes ini, biasanya dengan merubah gaya hidup seperti olahraga dan diet kemudian mengonsumsi obat. Kadangkala, orang dengan diabetes tipe ini juga masih membutuhkan insulin yang disuntikkan ke dalam tubuhnya walaupun sudah mengonsumsi obat-obatan.

Diabetes tipe ini adalah tipe yang paling umum biasanya mencapai 85 sampai 90 persen dari seluruh penderita diabetes adalah pengidap diabetes tipe 2. Penyakit ini juga dihubungan dengan kesehatan jantung sehingga sangat penting untuk menjaga gula darah, kolesterol serta tekanan darah. Diabetes tipe 2 ini juga dapat dengan mudah diturunkan dari generasi ke generasi. Walaupun begitu, penyakit gula tipe ini masih bisa dicegah dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.


comments powered by Disqus

Leave a Reply