CiriCara: 6 Cara Mudah Atasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

by
June 21st, 2012 at 3:00 pm

Seringnya beraktivitas di luar rumah membuat kulit kita menjadi tidak sehat, apalagi bila harus berada di jalanan yang macet saat matahari sedang terik bisa membuat kulit menjadi terbakar. Walaupun telah memakai tabir surya namun efek sinar matahari pada kulit tetap masih tak terhindarkan.

Lamanya beraktivitas di luar rumah akan memperparah kondisi kulit yang terbakar. Kamu perlu cara untuk menangani kulit yang terbakar ini dengan mudah dan cepat. Ini dia caranya:

1. Mandi

Basuhlah badan dengan air dingin. Mandi air dingin akan membantu menurunkan suhu tubuh dan juga rasa sakit akibat kulit yang terbakar selain itu kamu akan merasa lebih nyaman. Suhu dingin dari air akan membantu menghilangkan iritasi kulit.

2. Kain basah

Luka sengatan matahari biasanya kemerahan dan terasa panas. Untuk mendinginkan luka, kamu bisa merendam kain dengan air dingin setelah itu tempelkan pada luka selama setengah jam. Suhu dingin pada kain akan membuat luka terasa nyaman.

3. Air teh

Caranya sama dengan kain basah tadi, kantung teh dicelup dalam air kemudian masukkan kain dalam air teh tadi sebelum ditempelkan pada luka.

4. Banyak minum air

Dehidrasi adalah pemicu kulit mudah terbakar. Bila kamu berencana untuk berjemur atau bermain di pantai, pastikan kamu membawa bekal air minum yang cukup agar kelembaban alami kulit terjaga dan kamu pun terhindar dari kulit terbakar.

5. Lidah buaya

Tanaman ini bisa juga digunakan untuk kulit terbakar. Saat ini lidah buaya banyak diolah menjadi gel atau lotion. Kamu bisa membelinya di toko atau apotek terdekat.

6. Kentang tumbuk atau oatmeal

Apabila tidak ada apapun di rumah namun hanya kentang dan oatmeal. Kamu bisa pilih salah satu. Oatmeal yang dilarutkan air dingin atau kentang yang diarut untuk ditempel pada kulit. Cara ini lebih alami walaupun akan membutuhkan waktu yang agak lama.

Saat kamu merasa kulit kamu terasa panas dan memerah, sebaiknya lakukan pertolongan pertama ini agar tidak menjadi lebih parah.

Comment di sini