CiriCara: 7 Cara Mengatasi Mendengkur

by
June 21st, 2012 at 11:42 am

Mendengkur adalah masalah yang paling sering dialami oleh orang dewasa. Kebiasaan ini sebenarnya tidak sehat dan bisa mengganggu orang-orang yang ada di sekitar kamu khususnya mereka yang tidur tepat di sebelah orang yang mendengkur. Ada baiknya mengurangi atau menghilangkan dengkuran kamu dengan cara-cara mudah ini:

1. Kurangi berat badan

Bila awalnya kamu tidak mendengkur kemudian setelah berat badan kamu naik kamu jadi mendengkur, ini berarti penyebabnya ada pada berat badan. Yang harus kamu lakukan tentu saja menurunkan berat badan.

2. Ubah posisi tidur

Terbiasa tertidur telentang bisa menjadi penyebab karena pada saat posisi seperti ini lidah dan langit-langit mulut kamu bisa saja menutup dinding tenggorokan sehingga muncul suara bergetar saat kamu tidur. Ubah posisi menjadi miring bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Letakkan bantal yang panjang di samping agar kamu bisa tetap berada di posisi miring.

3. Terapkan kebiasaan tidur yang sehat

Bekerja terlalu lama dan lelah tanpa tidur yang cukup akan membuat otot-otot menjadi lemas. Inilah yang akhirnya membuatmu mendengkur. Efek ini sama buruknya dengan kebiasaan meminum alkohol.

4. Hindari alkohol

Meminum alkohol 4 atau 5 jam sebelum tidur dapat membuat dengkuran makin keras bahkan orang yang tidak mendengkur pun akan mendengkur setelah mengonsumsi alkohol. Efek yang sama juga ditimbulkan oleh obat penenang.

5. Ganti bantal

Zat yang memicu alergi di kamar dan bantal dapat menjadi penyebab kamu mendengkur. Ganti bantal kamu, bersihkan juga kipas angin yang ada di dalam kamar, hewan peliharaan yang juga ikut tidur di dalam kamar termasuk salah satu penyebab yang harus kamu antisipasi.

6. Minum air yang cukup

Sekresi yang dikeluarkan oleh lidah dan juga langit-langit lunak bisa membuat dengkuran jadi tambah buruk karena lidah jadi semakin lengket dan menutup dinding tenggorokan. Apabila kamu akan tidur jangan ragu untuk meminum segelas air.

7. Mandi air panas

Mandi air panas sebelum tidur bisa membantu meringankan dengkuranmu apalagi jika asal dengkuran kamu adalah hidung. Ini seperti selang air yang mengecil dengan arus air yang deras, bila kamu berhasil membesarkan salurannya, tidak akan ada suara yang keluar. Kamu juga bisa menggunakan air garam untuk kumur hidung agar tidak tersumbat lagi.

7 cara di atas bisa kamu praktekkan dengan mudah di rumah. Dengan begitu kamu tidak akan mengganggu teman sekamarmu kan?

Comment di sini