CiriCara: Cara Kendalikan Emosi Saat Marah

by
June 21st, 2012 at 12:02 pm

Thinkstock

Kebanyakan orang selalu lupa diri saat dia sedang marah. Mereka terkadang suka bertindak kasar karena tidak bisa mengendalikan emosi. Setelahnya mereka sadar kalau sudah melakukan kesalahan. Apakah kamu juga seperti itu?

Banyak yang mengaku kesulitan dalam mengendalikan emosi mereka. Apalagi saat mereka sedang marah atau jengkel. Pasti emosi yang ada akan meledak-ledak dan sangat sulit untuk dikendali.

Agar hal itu tidak terjadi terus, lebih baik cobalah untuk mengendalikan emosi. Kamu bisa mencoba cara kendalikan emosi saat marah berikut ini:

1. Sabar

Agar kamu tidak mudah emosi dan mengamuk ada baiknya kamu belajar sabar. Kesabaran akan mampu membuat seseorang jadi lebih tenang dalam menghadapi masalah. Dengan sabar maka emosi kamu bisa lebih terkendali. Kamu bisa belajar sabar kepada psikolog atau juga para ahli agama.

2. Selalu tersenyum

Marah akan membuat emosi dalam diri kamu keluar. Jadi berusahalah untuk tetap tersenyum walau hati kamu sedang kesal dengan seseorang. Tersenyum juga bisa merubah suasana hati jadi tenang. Asal jangan senyum-senyum sendiri aja yah.! :)

3. Ingat efek negatif emosi

Cobalah untuk mengingat-ingat efek negatif emosi. Ingatlah apa yang terjadi setelah kamu emosi, barang hancur, rumah berantakan dan banyak piring pecah. Siapa yang rugi? Ya tentu kamu sendiri. Ingatlah hal itu agar kamu bisa berpikir dua kali saat mau emosi.

4. Meditasi

Tenangkan diri dalam sebuah ruangan atau tempat yang sepi dari keramaian. Belajarlah untuk bersikap tenang dan buang semua emosi yang ada dalam di hati kamu. Bermeditasi biasanya akan mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam menahan emosi. Bagaimana tertarik mencoba?

5. Redam emosi

Jika kamu tetap tidak bisa mengendalikan emosi, lebih baik coba cara mendinginkan emosi. Siapa tahu dengan cara itu kamu tidak akan emosi lagi.

6. Alirkan emosi

Apabila cara-cara di atas tetap tidak bisa membantu kamu dalam mengendalikan emosi, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengalirkan emosi. Saat kamu emosi cobalah untuk mengalirkan emosi kamu ke suatu barang. Caranya, kamu bisa berteriak sambil ditutup bantal, memukul bantal atau juga berlatih tinju. Hindari memukul benda keras, karena tangan kamu bisa terluka.

Begitulah cara-cara yang bisa digunakan untuk mengendalikan emosi yang meledak-ledak. Semoga cara-cara ini bisa bermanfaat. :)

Comment di sini