CiriCara: Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

by
June 21st, 2012 at 10:41 am

Bagi yang baru lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat tentu berencana untuk masuk perguruan tinggi baik negeri atau swasta. Di perguruan tinggi terdapat beberapa jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan subyek mata kuliah. Bingung memilih jurusan kuliah?

Beberapa mungkin akan ada yang kebingungan dalam memilih jurusan kuliah. Jagan sampai kamu salah pilih dalam menentukan jurusan kuliah. Salah pilih jurusan kuliah merupakan kerugian yang besar bagi kamu di masa depan.

Berikut ada beberapa cara memilih jurusan di perguruan tinggi atau kuliah:

1. Sesuaikan dengan minat dan bakat

Dalam memilih jurusan kamu tidak boleh sekedar ikut-ikutan dengan teman saja. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Jika kamu berminat dalam dunia kedokteran, maka pilihlah fakultas kedokteran. Jurusan kuliah yang kamu pilih sekarang akan jadi modal kamu di masa depan dalam berkarir.

2. Penghitungan biaya

Bagi kamu yang berekonomi menengah ke bawah tentu masalah biaya akan jadi masalah besar. Itulah sebabnya kamu harus bisa memperhitungkan biaya sesuai jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Perkirakan apakah kamu dan keluarga kamu sanggup dengan biaya yang akan dikeluarkan nanti. Jika dana terbatas lebih baik pilih perguruan tinggi yang lokasinya dekat dengan rumah supaya bebas ongkos.

3. Peluang diterima

Ukurlah kemampuan kamu dalam memilih fakultas. Seberapa besar peluang kamu untuk diterima dengan cara melihat kemampuan saingan kamu. Jangan memaksakan diri untuk masuk ke perguruan tinggi favorit jika kemampuan kamu terbatas. Ini menghindari adanya beban pikiran berlebih. Tidak favorit asalkan fasilitas lengkap dan dosennya bagus itu justru lebih baik.

4. Masa depan dan karir

Carilah informasi mengenai masa depan lulusan dari fakultas yang kamu pilih. Apakah peluang karir dari jurusan yang kamu pilih ini lebih besar atau tidak. Jika ingin sukses setelah kuliah, pilihlah jurusan yang punya sedikit saingan namun banyak kesempatan untuk karir. Jangan memaksa pilih jurusan favorit yang peluang karirnya sedikit tapi banyak saingan.

5. Kenali bekal dasar yang sudah dimiliki

Sebelum kamu memilih jurusan kuliah, ada baiknya mengecek bekal dasar yang sudah dimiliki. Apa yang sudah kamu pelajari di SMA itu bisa jadi bekal dasar untuk kuliah. Jika kamu sudah punya bekal dasar ilmu biologi maka kamu bisa masuk ilmu kedokteran. Pilih jurusan yang memang kamu sudah punya bekal dasarnya. Karena dasar inilah yang nantinya akan membuat kamu lebih maju.

Yang terpenting adalah kamu harus bersungguh-sungguh dalam menjalani pendidikan di perguruan tinggi ini. Jangan biarkan masa-masa kuliah kamu ini jadi sia-sia dan tidak membuahkan hasil.

Comment di sini