CiriCara: Cara Memperbaiki iPod Yang Terkena Air

by
June 21st, 2012 at 3:45 pm

Bagi kamu yang mempunyai iPod, pasti kamu sangat menjaga iPod itu dengan baik bukan? Namun, terkadang yang namanya kecelakaan itu pasti terjadi. Baik itu terjatuh, ataupun misalnya terkena air hujan atau air minum. Biasanya, ketika sebuah alat elektronik terkena air, maka alat tersebut akan rusak, begitu juga iPod. Lalu bagaimana cara menanganinya? Selain tanpa harus repot-repot membawa ke distributor iPod untuk diservis? Berikut cara-caranya.

  1. Pertama-tama, sebelum mulai proses perbaikan, persiapkan perlengkapan yang akan kamu perlukan, yaitu sebuah obeng kecil berujung minus, beras kering, dan mangkok yang lebar.
  2. Setelah semuanya siap, mulailah dengan melepaskan bagian belakang dari iPod, lalu pegang ke dua sisinya secara bersamaan, dan mulailah buka baut-baut yang ada pada bracket.
  3. Lepaskan baterainya. Lakukan ini dengan perlahan dan hati-hati, karena ada kabel-kabel yang tersambung dengan baterai itu. Jika iPodmu adalah iPod generasi pertama atau kedua, cabut baterai dari hard drive. Lalu sisipkan obeng secara pelan-pelan di antara baterai dan hard driveuntuk melepaskan baterai dari perekat.
  4. Letakkan baterai dan iPod yang sudah terbuka itu di sebuah ember besar yang dipenuhi dengan beras kering. Pastikan seluruh komponen dari iPod sudah tertutup sepenuhnya. Diamkan hingga 24 jam, agar beras bisa menyedot seluruh kelembapan di dalam iPod.
  5. Setelah 24 jam berlalu, kamu bisa mulai membersihkan iPod dari beras, pastikan tidak ada sisa sama sekali. Setelah itu, pasang semua bagian iPod yang terpisah-pisah, lalu nyalakan lagi iPodmu.

Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. Mudah bukan? Tapi ingat, jangan pernah menyalakan iPodmu dalam keadaan basah, karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya. Dan jika langkah-langkah ini belum berhasil juga, silakan bawa iPodmu ke toko Apple terdekat.

Ada satu hal lagi yang perlu kamu ingat, hal ini juga sekaligus akan membuat garansi iPodmu menjadi void alias hilang. Jadi, lebih baik jika kamu menjaga iPodmu dengan baik. Selamat mencoba!

Comment di sini