CiriCara: Cara Mencegah Obesitas pada Anak-anak

by
June 21st, 2012 at 2:45 pm

Dewasa ini obesitas tidak hanya menyerang orang dewasa tapi juga sudah mulai merambah ke anak-anak. Anak-anak yang lahir di era modern ini memiliki kecenderungan terkena masalah obesitas atau kegemukan.

Penyebabnya adalah banyak orang tua yang bekerja baik ayah maupun ibunya, banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia, gaya hidup orang modern yang cenderung praktis namun mengakibatkan kemalasan.

Sebagai orang tua, peran Anda sangat menentukan dalam mengatur pola makanan sehat pada anak.

Berikut ini beberapa cara untuk menghindari kegemukan pada anak-anak yang dirangkum oleh CiriCara.

1. Biasakan makan makanan sehat

Jika selama ini Anda mengetahui bahwa pola makanan anak-anak bermasalah, cobalah membujuknya untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Ajak anak-anak untuk senang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Jika mereka tidak suka atau menolak untuk memakannya, mungkin Anda bisa sedikit berkreasi saat memasak makanan untuk mereka. Biasakan mereka untuk makan makanan sehat dan bersih.

2. Katakan dampak buruk dari makanan cepat saji

Menjamurnya restoran cepat saji membawa dampak buruk bagi keluarga yang kedua orang tuanya bekerja. Anak-anak mereka tidak dapat terpantau makanannya sehingga tak jarang anak-anak lebih memilih untuk menyantap makanan cepat saji. Jika ditanya alasannya mereka akan menjawab bahwa makanan tersebut yang paling sederhana dan enak rasanya.

Bagi para orang tua, walaupun Anda sibuk dengan pekerjaan yang banyak, cobalah untuk meluangkan waktu dan menanyakan makanan apa yang dimakan buah hati Anda untuk makan siangnya. Jika anak Anda memiliki kegemaran makan makanan cepat saji, saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Katakanlah semua dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi makanan cepat saji tersebut.

3. Ajak anak beraktivitas

Membiarkan anak terus menerus di dalam rumah tanpa ada kegiatan fisik di luar rumah seperti bersepeda, atau berolahraga, bukanlah ide yang baik bagi kesehatannya. Jika anak-anak tidak diizinkan bermain di luar rumah, mereka hanya akan menghabiskan waktu di depan layar televisi dengan duduk dan makan camilan. Hal ini yang menyebabkan obesitas pada anak-anak. Sebaiknya, buatlah mereka penuh dengan aktivitas di luar rumah, seperti les renang, bermain sepeda, atau Anda bisa mengajaknya berkebun.

4. Periksakan anak Anda ke dokter

Vemale

Langkah terakhir untuk mencegah terjadinya obesitas pada anak ialah dengan memeriksakan mereka pada dokter gizi. Dengan demikian, Anda akan mengetahui apakah selama ini makanan yang dikonsumsinya sudah memenuhi semua kebutuhan gizinya atau hanya menimbun lemak dalam darah mereka. Pencegahaan sejak dini sangat baik daripada harus menunggu anak-anak Anda sadar bahwa mereka sulit bergerak akibat kegemukan sejak kecilnya.

Itulah keempat cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anak-anak Anda dari obesitas. Cara-cara tersebut juga dapat dipraktekan bagi anak-anak yang sudah terlanjur mengalami kegemukan di usai anak-anak.

eHow

Comment di sini