CiriCara: Cara Mengetes Rambut Sehat Atau Rusak

by
June 21st, 2012 at 6:40 pm

Rambut. sebagai mahkota baik pria maupun wanita sudah selayaknya dijaga dan dirawat. Indonesia memiliki iklim tropis yang lembap, oleh karena itu perawatan pun harus dilakukan secara rutin dan berkala agar rambut tetap sehat. Ketombe, rambut bercabang adalah masalah yang bisa dilihat oleh mata, namun ada juga kerusakan rambut yang sulit untuk di lihat.

Agar perawatan yang diberikan bisa maksimal, tentu saja Anda harus tahu bagaimana kondisi rambut yang sebenarnya., apakah sehat atau tidak. Berikut ini adalah cara melihat rambut sehat atau tidak.

1. Dilihat

Rambut sehat terlihat dari tampilannya yang indah. Untuk rambut ikal yang sehat biasanya akan mengembang, lebih rapi dan mudah diatur sedangkan pada rambut lurus, rambut akan terlihat jatuh dan berkilau.

2. Menggunakan air

Ambil segelas air dan sehelai rambut kamu. Masukkan helai rambut ke dalam air. Apabila rambut mengambang, ini berarti rambut kamu sehat. Sedangkan rambut yang tenggelam menandakan rambut yang tidak sehat. Kerusakan rambut bisa terjadi karena adanya kandungan kimiawi dalam rambut atau rambut kekurangan protein. Mengganti warna adalah salah satu penyebab umum kerusakan rambut.

3. Penjepit kertas

Penjepit kertas bisa digunakan untuk mengetes apakah rambut kamu sehat atau tidak. Caranya mudah. Selipkan penjepit kertas di sela-sela rambut kemudian tarik. Apabila penjepit kertas bisa meluncur dengan mudah dan lancar ini berarti rambut Anda sehat. Sedangkan apabila penjepit kertas tersendat, menandakan bahwa rambut tidak sehat.

4. Tepung terigu

Ambil satu helai rambut dan masukkan ke dalam tepung terigu. Saat diangkat, rambut sehat tidak akan ditempeli tepung terigu sebaliknya rambut yang rusak akan ditempeli tepung terigu yang sukar sekali dilepas. Ini berarti kutikula rambut sudah rusak sehingga tepung terigu mengisi celah-celah kutikula itu.

Keempat cara tadi efektif digunakan untuk melihat apakah rambut kamu rusak atau sehat. Dengan mengetahui permasalahan rambut, perawatan pun dapat dilakukan dengan mudah dan tentu saja lebih tepat sasaran. Mau coba di rumah?

Comment di sini