CiriCara: Cara Menghindari Jebakan Razia Narkoba Polisi

by
June 21st, 2012 at 11:27 am

Matias R Mendiola / Getty Image

Beberapa hari yang lalu jagad Twitter diramaikan dengan kejadian yang menimpa Lita Stephanie. Melalui akun Twitternya, ia bercerita tentang dirinya yang hampir dijebak oleh oknum polisi yang sedang melakukan razia narkoba di jalan.

Terkait dengan kejadian yang dialami Lita, Mabes Polri memastikan bahwa jika pengakuan Lita tersebut benar, maka oknum polisi yang bermasalah akan ditindak tegas. Mereka juga meminta agar masyarakat lebih waspada dalam menghadapi polisi yang berbuat seperti itu.

Pihak Mabes Polri juga memberikan tips agar masyarakat terhindar dari jebakan narkoba yang diduga dilakukan oknum polisi yang ‘nakal’. Berikut tipsnya:

1. Jangan panik, berbicara tenang, dan tanyakan identitas dan kesatuan pihak yang mengaku petugas itu.

2. Jangan menyentuh barang, obat, atau narkoba yang dituding sebagai milik korban.

3. Bila benar tidak memiliki narkoba, warga harus berani meminta tes urine kepada orang yang mengaku petugas itu

4. Laporkan petugas yang menjebak itu, ke propam dan petugas sentra kepolisian terdekat.

Untuk melaporkan oknum polisi yang bermasalah atau bertindak di luar ketentuan, silahkan menghubungi Divisi Profesi dan Pengamanan (PROPAM) Polda Metro di nomor telepon 021-5234469.

Kejadian ini bermula ketika Sherlita Stephanie, yang akrab dipangil Lita, sedang dalam perjalanan dari Kemang menuju Tebet. Dalam perjalanan tersebut ia dihentikan oleh petugas kepolisian yang sedang melakukan razia. Tiba-tiba, seorang polisi mengaku menemukan obat-obatan terlarang di mobilnya. Bingung karena merasa bukan pengguna narkoba, Lita lantas menelepon adiknya.

Sekitar satu jam Lita berargumentasi dengan petugas hingga adiknya datang. Setelah sang adik menyebut nama kenalanya di kepolisian, petugas tersebut melepaskan Lita dan seorang temannya, Yasmin.

Comment di sini