CiriCara: Cara Menghindari Mimpi Buruk

by
June 21st, 2012 at 1:20 pm

Fantasy Gallery

Apakah Anda sering dihantui oleh mimpi buruk yang terus berulang setiap malamnya? Apakah Anda tidak dapat tidur nyenyak karena trauma akan mengalami mimpi buruk lagi?

Untuk menghindari mimpi buruk, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya terlebih dahulu. Mimpi buruk biasanya muncul akibat stres yang berlebihan dan diikuti oleh rasa takut atau khawatir. Bahkan, mimpi buruk pun dapat disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi karena memberikan efek samping pada sel-sel jaringan otak Anda.

Otak yang tidak dapat rileks menyebabkan mereka terus bekerja meski Anda sudah tertidur, sehingga otak akan memproyeksikan apa yang masih dipikirkannya dalam bentuk mimpi buruk, jika memang hal-hal buruk yang ada dalam pikiran Anda.

CiriCara memberikan beberapa cara untuk menghindari bermimpi buruk pada saat tertidur:

1. Bersihkanlah pikiran Anda dari kekhawatiran, ketakutan, dan stres.

2. Alihkan pikiran Anda dari masalah ketika menjelang waktu tidur.

3. Merilekskan seluruh tubuh dengan meditasi, melakukan yoga, atau mungkin dengan mandi air hangat sebelum tidur.

4. Hindari menonton film yang menegangkan seperti pembunuhan atau film horor. Bagi yang hobi nonton film horor, tentunya hal ini tidak akan mengganggu tidur mereka karena ini bagian dari kesenangan dan relaksasi mereka.

5. Kenyangkan perut Anda dengan kudapan ringan seperti biskuit, susu hangat ataupun teh hangat. Tapi hindarilah menyantap makanan yang pedas dan terlalu berlemak beberapa jam terakhir sebelum tidur, karena makanan seperti itu akan membuat perut terasa kembung yang bisa mengakibatkan otak susah untuk rileks.

6. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol karena kedua hal itu berpotensi menyebabkan tidur Anda terganggu.

7. Perhatikan obat-obatan yang Anda konsumsi. Jika setiap kali minum obat tersebut dan Anda mengalami mimpi buruk, maka penggunaannya harus dihentikan sesegera mungkin. Jangan lupa untuk menghubungi dokter pribadi Anda.

8. Jika mimpi buruk menghampiri tidurmu dalam kurun waktu yang relatif sering sebaiknya catat semua alur mimpi yang Anda ingat ketika bangun dari tidur. Cobalah menerka maksud dari mimpi buruk tersebut guna mengetahui pemicu munculnya mimpi itu.

Itulah kedelapan cara yang dapat dilakukan jika mimpi buruk sering menghiasi tidur Anda. Jika cara di atas masih belum berhasil, sebaiknya segera hubungi ahli terapi ataupun psikolog.

eHow

Comment di sini