CiriCara: Ciri-ciri Pengendara Motor Kamseupay

by
June 21st, 2012 at 2:30 pm

Berkendara di jalan raya harus berhati-hati, salah-salah bisa celaka. Beragam pengendara dapat ditemui di jalanan apalagi di jalanan Jakarta.

Pernahkah kamu berada di jalanan yang padat namun ada pengendara yang tidak tertib main selip kanan, selip kiri tanpa mempedulikan keselamatan diri dan orang lain? Pengendara motor berbahaya semacam ini bisa disebut pengendara motor kamseupay. Tahu artinya kamseupay? Lihat artikel ini kalau belum tahu.

Inilah pengendara motor kamseupay berbahaya yang patut diwaspadai:

1. Pengendara selap-selip

Pengendara yang pertama ini biasanya mengendarai motor bebek. Karena bentuknya yang ramping, pengendara mudah masuk ke celah-celah yang sempit. Walaupun suasana macet namun pengendara motor tetap jalan terus. Kadang kala celah yang dipakai terlalu sempti sehingga membuat kerugian pada orang lain seperti baret dan patah spion.

2. Pengendara sirkus

Yang dimaksud pengendara sirkus di sini adalah pengendara yang mengendarai motor sambil membawa banyak barang di boncengan atau diikatkan pada jok kiri dan kanan. Bisa juga pengendara yang membawa lebih dari 2 orang di boncengan. Selain membahayakan pengguna jalan lain, pengendara seperti ini juga membahayakan diri sendiri karena terlalu banyaknya muatan yang dibawa.

3. Main selonong

Di lampu merah berjajar-jajar kendaraan berhenti, yang berada di barisan paling depan bahkan melewati batas pemberhentian dan juga tiang lampu merah pasti para pengendara motor. Saat lampu merah masih menyala namun jalanan sudah sepi, pengendara motor yang berada di depan biasanya akan langsung bablas ke depan. Aksi salah satu pengendara motor biasanya akan diikuti oleh pengendara lain sehingga tercipta pelanggaran lalu lintas massal. Warga Jakarta sudah tak asing lagi dengan kondisi ini.

4. Pengendara cuek

Pengendara yang tidak taat terhadap aturan bahkan tanpa perlengkapannya sendiri. Pengendara ini memakai pakaian seadanya seperti kaos, celana pendek dan sandal jepit. Pengendara seperti ini biasanya tidak memakai helm, tidak menyalakan lampu siang hari dan motornya tidak dilengkapi spion. Jangan sampai ditiru, ini berbahaya.

5. Pebalap liar

Para pengendara yang merasa dirinya adalah pebalap liar biasanya sok jadi raja jalanan. Tidak peduli dengan pengendara lain dan merasa dirinyalah yang punya jalan bahkan melawan orang yang memprotes tindakan mereka. Mereka baru akan lari bila polisi datang.

Pebalap liar ini biasanya aktif pada malam hari bersama kelompok mereka walaupun begitu mereka termasuk pengendara yang paling berbahaya jadi kamu mesti waspada saat bertemu mereka di jalan.

Enam pengendara berbahaya ini harus kamu waspadai bila bertemu dengan mereka dan jangan sampai kamu jadi salah satu dari mereka karena yang rugi bukan hanya kamu sendiri tapi juga orang lain.

Comment di sini