CiriCara: Ciri-ciri Penyakit Usus Buntu

by
June 21st, 2012 at 6:01 pm

Usus buntu adalah bagian kecil dari usus besar pada tubuh manusia. Bagian ini menyerupai kantung, namun belum jelas apa fungsi dari bagian ini. Yang jelas saat bagian ini sakit maka tubuh akan mengalami berbagai macam serangan.

Saat usus buntu sakit, maka bagian tubuh disekitarnya akan mudah mengalami infeksi dan peradangan. Jika sudah terlalu parah, penyakit usus buntu ini bisa mengharuskan penderitanya untuk menjalani operasi.

Sebelum terlambat, sebaiknya kenali dulu ciri-ciri penyakit usus buntu berikut ini:

1. Perut terasa nyeri

Ciri munculnya penyakit usus buntu adalah berupa perut yang terasa nyeri di ulu hati. Biasanya orang sering salah kira karena menganggap hal ini adalah sakit maag. Ini disebabkan karena saraf dari usus buntu sama dengan saraf dari bagian lambung/maag. Namun, lama kelamaan rasa sakit ini akan berpindah ke sisi kanan bawah perut sesuai dengan letak usus buntu.

2. Tubuh jadi demam

Ciri penyakit usus buntu yang berikutnya adalah tubuh mengalami demam. Ciri atau gejala ini biasanya akan muncul setelah perut terasa nyeri. Jika sudah demam, itu artinya infeksi dari usus buntu sudah semakin parah. Ada baiknya memeriksakan diri ke dokter secepatnya.

3. Mual dan muntah

Ciri penyakit usus buntu setelah demam adalah penderita akan sering mual dan muntah. Banyak yang mengira kalau mereka mengalami masuk angin, namun ini adalah usus buntu. Mual dan muntah ini terjadi akibat adanya gangguan aliran makanan dan gangguan pencernaan.

4. Perut yang sakit dan tegang

Ciri bahaya usus buntu adalah sakit perut yang luar biasa dan disertai dengan kondisi perut yang tegang atau terasa keras. Ini adalah tanda kalau penderita harus segera melakukan operasi karena kantung usus buntu sudah mengalami kebocoran.

Jika Anda pernah menjumpai atau merasakan ciri-ciri di atas, ada baiknya jika melakukan pemeriksaan ke dokter. Penanganan yang tepat waktu akan bisa menghindarkan Anda atau keluarga dari tindakan operasi.

Hingga saat ini obat untuk penyakit usus buntu belum ditemukan. Para dokter hanya bisa melakukan operasi untuk menangani penyakit usus buntu. Namun hal itu bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat dari diri Anda. :)