CiriCara: Ciri-ciri Terkena Diabetes

by
June 21st, 2012 at 9:59 am

Penyakit diabetes kini sudah menjamur di mana-mana. Kerap ditemui orang yang memasuki fase usia paruh baya menderita penyakit diabetes.

Diabetes yang sering diderita oleh orang-orang dewasa adalah Diabetes Mellitus tipe 2. Penyakit ini bukan dikarenakan kurangnya kadar insulin dalam sirkulasi darah melainkan terjadinya gangguan metabolisme tubuh akibat tidak pekanya jaringan sel pada tubuh khususnya di bagian hati dan pankreas terhadap hormon insulin.

Pada penderita diabetes tipe 2 ini, gejala mungkin tidak terlalu kelihatan, tapi Anda harus berjaga-jaga jika mengalami gejala seperti di bawah ini.

1. Mulut kering.

2. Selalu merasa haus dan bertambahnya nafsu makan.

3. Merasa kantuk yang berlebih khususnya setelah makan.

4. Meningkatnya berat badan secara drastis atau bahkan menurun secara drastis.

5. Pandangan mata mulai buram/kabur.

6. Sering merasa capai dan kelelahan yang sangat. Badan terasa lemas secara tiba-tiba.

7. Timbulnya rasa mual yang tidak biasa sehingga menyebabkan muntah-muntah.

8. Beberapa bagian tubuh terasa sangat gatal khususnya di daerah kemaluan.

9. Tubuh mengalami proses yang lama untuk menyembuhkan luka gores atau luka terbuka. Luka tersebut lama mengeringnya hingga membutuhkan waktu berminggu-minggu.

10. Memiliki rasa ingin buang air kecil yang berlebihan.

Itulah 10 gejala yang menandai bahwa seseorang mengalami peningkatan kadar gula dalam darahnya. Untuk memastikannya Anda bisa memeriksakan diri ke laboratorium untuk tes darah.

Jika kadar gula dalam darah belum terlalu tinggi, yaitu masih berada dalam kisaran 110-140 mg setelah puasa, maka Anda dapat mengatasinya dengan mengubah pola hidup. Mulailah dengan mengurangi asupan gula, pemanis, karbohidrat, dan lakukan olahraga rutin setiap harinya. Peningkatan metabolisme tubuh sangat bagus untuk mengembalikan kepekaan jaringan sel pada hormon insulin dalam tubuh yang dihasilkan oleh pankreas.

Namun, jika kadar gula Anda setelah puasa saja mencapai >200 mg, maka Anda harus dibantu dengan obat dari dokter untuk mengendalikan kadar gula dalam darah tersebut.

Sadarilah gejalanya dari sekarang dan lakukanlah pengobatannya, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Web MD

Comment di sini