Fokker-27 Jatuh: 6 Awak Pesawat Tewas

by
June 21st, 2012 at 6:18 pm

Twitter/Kevin Oktavian

Pesawat Fokker-27 milik TNI AD yang jatuh sore ini di daerah pemukiman warga di sekitar Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, merenggut nyawa 6 orang, sedangkan 1 orang dikabarkan dirawat di Rumah Sakit TNI AU Halim Perdanakusuma.

Seperti dikutip dari Tempo (21/6), Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Azman Yunus menungkapkan dari ketujuh orang yang mengawaki pesawat, enam orang ditemukan meninggal, sedangkan satu orang selamat namun tengah dirawat secara intensif di instalasi gawat darurat RS TNI AU Halim Perdanakusuma.

Identitas enam awak yang meninggal masih belum jelas, namun satu orang yang dirawat adalah Lettu Paulus.

Sebelumnya dikabarkan pesawat Fokker-27 buatan tahun 1977 jatuh saat tengah digunakan untuk latihan terbang di area Kompleks Rajawali, Jl Branjangan, Jakarta Timur sekitar jam 14.35 WIB. Pesawat tersebut menimpa sejumlah rumah warga dan terbakar.

Sebanyak 10 unit kendaraaan pemadam kebakaran langsung dikerahkan untuk menjinakkan api di lokasi kejadian. Sejumlah warga yang menghuni rumah yang nasas dikabarkan turut menjadi korban, termasuk di antaranya adalah anak-anak.

Jatuhnya Foker-27 ini menambah daftar tragedi kecelakaan pesawat terbang di Indonesia. Sebelumnya, tragedi besar menimpa pesawat Sukhoi S-100 yang menabrak Gunung Salak ketika tengah melakukan penerbangan dalam rangka promosi di Indonesia. Dalam kecelakaan tersebut, semua awak dan penumpang dipastikan meninggal dunia.

Comment di sini