Indonesia Peringkat 63 Negara Gagal, Malaysia Peringkat 110

by
June 21st, 2012 at 1:49 pm

Indikator Sosial, Ekonomi, dan Politik

Organisasi Fund For Peace merilis Indeks Negara Gagal 2012 (Failed State Index 2012). Indonesia tahun ini turun satu peringkat. Tahun 2011 lalu Indonesia peringkat 64, tahun ini peringkat 63.

Indonesia masih tertinggal jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia yang peringkat 110 dan Singapura di peringkat 157. Negara dengan tingkat kegagalan terendah adalah Finlandia di posisi 178. sedangkan negara paling gagal nomor 1 adalah Somalia.

Indeks ini dibuat berdasarkan penilaian terhadap 12 indikator seperti tekanan sosial, ekonomi, dan politik. Dengan 178 negara yang masuk dalam penilaian, Fund for Peace juga menggunakan lebih dari 100 subindikator. Subindikator tersebut termasuk penegakkan HAM, pembangunan, legitimasi, serta jumlah protes dari kelompok masyarakat.

Menurut data dari Fund For Peace, indikator yang paling lemah di Indonesia adalah kurangnya penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM). Mereka juga menyoroti beberapa indikator lain seperti kurangnya infrastruktur, pelabuhan, dan kesiapan teknologi yang mengakibatkan bertambahnya ongkos produksi.

Fund For Peace mencatat bahwa intensitas keluhan kelompok masyarakat terus meningkat menyusul banyaknya protes, gangguan, dan beberapa kekerasan terhadap kepercayaan yang minoritas. Sedangkan, kemampuan pemerintah untuk menenak kekerasan antar golongan masih terbatas. Namun, ada beberapa prestasi yang tercantum dalam penilaian penentuan Indeks Negara Gagal tersebuat diantaranya peningkatan nilai layanan masyarakat dan peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia-Amerika.

Sebagai kesimpulan, Fund for Peace menekankan bahwa rintangan terberat bagi bangsa ini adalah ketidakberdayaan masyarakat, korupsi, sistem legislasi dan yudisial yang lemah, kekerasan terhadap kaum minoritas, dan kekuasaan yang terfragmentasi (terpecah).

Fund for Peace merupakan organisasi independen, tidak memihak, non-profit, serta pendidikan yang bekerja untuk mencegah konflik. Organisasi ini memfokuskan diri kepada negara-negara yang gagal dan bermasalah. Melalui penelitian, pelatihan, serta pendidikan, Fund for Peace bertujuan untuk menciptakan sarana praktis dan pendekatan-pendekatan terhadap pencegahan konflik, yang berguna bagi para pembuat keputusan.

Rincian mengenai indkes perkembangan serta kemerosotan Indonesia menurut Fund for Peace dapat diunduh disini.

Comment di sini