Inilah Alasan Kenapa Burger di Iklan McDonald Beda Dengan Burger Aslinya (Video)

by
June 21st, 2012 at 11:19 am

Daily Mail

Seringkali kita merasa tertipu ketika makanan yang kita beli nyatanya berbeda jauh dibandingkan dengan yang ada di foto. Hal ini sudah bukan rahasia umum lagi mengapa foto-foto menu makanan pada restoran-restoran dibuat lebih menggoda dan menggiurkan. Apakah benar itu hanya tipuan kamera belaka?

Seperti yang diakui oleh raksasa restoran cepat saji yaitu McDonald bahwa mereka memang menggunakan ahli foto untuk mengubah menu standar mereka menjadi luar biasa sehingga mempengaruhi angka penjualan mereka.

McDonald baru mengakui hal tersebut setelah salah seorang pelanggannya yang bernama Isabella menanyakan alasan kenapa burger yang dia beli memiliki ukuran yang jauh berbeda dengan yang ada di gambar menu di restoran atau bahkan di spanduk-spanduk McD.

Untuk menjawab pertanyaan ini, McD membuat sebuah video yang menjelaskan bagaimana ahli foto mereka bekerja memoles menu makanan di restoran cepat saji ini menjadi makanan yang sangat lezat dan berukuran lebih besar dari ukuran biasanya. Dalam videonya itu, ditampilkan setiap tahap pembuatan burger yang dipakai untuk foto produk menu mereka.

Hope Bagozzi yang merupakan kepala bagian marketing untuk McDonald Kanada menjelaskan bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat burger tidak ada yang berubah atau diganti. Burger yang dibuat di dapur restoran McD hanya menghabiskan waktu beberapa menit. Tapi untuk mengambil gambar yang bagus untuk dipajang di iklan-iklan, membutuhkan waktu berjam-jam.

Jika di iklan McD kita melihat saus tomat dan beberapa saus lainnya menyembul ke pinggir-pinggir burger, ternyata itu memang hanya disemprotkan pada bagian pinggirnya saja. Bagozzi mengaku bahwa tidak ada maksud penipuan di sini. Ia hanya menunjukkan bahwa dengan membeli 1 burger keju berarti Anda dapat menikmati 2 lapisan keju, dengan daging, acar mentimun, bawang, mustard, dan saus yang direkatkan oleh setangkap roti bulat.

Para ahli foto produk ini juga menggunakan bantuan Photoshop dalam mengedit gambar burger yang sudah diambil. Dengan bantuan program ini, mereka mampu mendapatkan hasil yang mereka inginkan.

Memang, bahan yang digunakan sama tapi ukurannya tetap saja berbeda. Ternyata memang benar bahwa ada unsur kesengajaan dalam pembuatan foto produk makanan guna menarik minat publik terkait angka penjualan produk.

Saksikan cuplikan video pengambilan foto cheese burger berikut ini.

Daily Mail

Comment di sini