Inilah Jadwal Rilis Dan Spesifikasi Windows Phone 8

by
June 21st, 2012 at 9:36 am

Microsoft semakin serius dalam mengembangkan bisnisnya di bidang mobile. Hal ini terlihat dari berbagai upaya yang sudah mereka lakukan. Pertama mereka menjalin kerja sama dengan Nokia untuk merilis Windows Phone 7 dan memasangnya pada seri Nokia Lumia, yang terbukti membantu. Hal ini tergambar jelas melalui adanya peningkatan aktifitas pada Windows Phone Marketplace, yang kini sudah memiliki jumlah apps yang melebihi 100.000 macam. Setelah itu, Microsoft juga mencoba membidik sasaran baru di pasar yang sudah cukup ramai pesaing, yaitu tablet PC. Sebenarnya, Microsoft bukanlah pemain baru di bidang tablet ini, hanya saja baru setelah “menghilang” sekian lama, Microsoft baru muncul kembali, siap meramaikan pasar persaingan dengan Microsoft Surface tablet mereka.

Setelah dua terobosan tersebut, kini Microsoft kembali membuat sebuah pengumuman mengenai sistem operasi mobile terbaru mereka, Windows Phone 8. Sistem operasi ini diklaim oleh Microsoft akan kompatibel dengan semua app dari Windows Phone 7, walaupun tidak menutup kemungkinan bagi para developer untuk mengembangkan software yang memaksimalkan segala fitur yang ada di Windows Phone 8 ini nantinya, seperti Wallet, VoIP, atau bahkan app navigasi yang berfungsi turn-by-turn secara penuh, melebihi apa yang sudah ada sekarang di dalam app Nokia Drive.

Tampilan dari Windows Phone 8 memiliki perubahan yang cukup jelas, dibandingkan dengan pendahulunya, Windows Phone 7. Pada WP8, Anda akan mendapatkan layar Start yang baru, yang memaksimalkan seluruh layar, tanpa perlu kita melakukan aksi swipe untuk melihat app lainnya. Hal ini juga didukung dengan adanya pilihan ukuran yang berbeda untuk icon tile yang Anda mau, mulai dari ukuran kecil, standar, dan juga yang lebih besar. Selain itu, sebetulnya tidak terlalu banyak perubahan yang ada pada Start screen Windows Phone 8 ini.

Secara keseluruhan, WP8 ini bisa dibilang sebuah versi yang baru, dan berbeda dengan Windows 8 ataupun Windows RT yang digunakan pada Microsoft Surface tablet. Tapi, Microsoft juga menjanjikan bahwa akan ada beberapa elemen kunci dari Windows versi desktop yang akan bisa digunakan, sekaligus juga dengan fitur-fitur dan hardware baru.

Dan dikarenakan fitur seperti baterai yang lebih hemat, Internet Explorer 10, enkripsi data, memaksimalkan fitur 3D, akan membutuhkan hardware yang cukup kuat untuk mendukungnya. Maka bisa dipastikan, Windows Phone 8 akan lebih baik jika dijalankan pada handset baru nantinya, yang sudah memiliki prosesor yang memiliki inti lebih dari empat (quad core processor atau di atasnya).

Microsoft belum memastikan kapan tepatnya sistem operasi ini akan mereka rilis, tapi kemungkinan besar akan dirilis antara Oktober sampai Desember tahun ini. Namun kabar baiknya, Microsoft sedang melakukan persiapan dengan para operator dan pembuat handset untuk menyediakan update baru, yakni Windows Phone 7.8, yang kemungkinan akan diberikan label “Beta Release”, bagi Anda yang ingin merasakan sedikit rasa dari Windows Phone 8 ini

Comment di sini